sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Yuk atur penggunaan THR kamu!

Umumnya THR dibayarkan oleh perusahaan seminggu sebelum hari raya.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Minggu, 11 Apr 2021 13:25 WIB
Yuk atur penggunaan THR kamu!

Bulan puasa sudah hampir menjelang dan orang-orang berbondong-bondong untuk buat kebaikan di hari yang penuh rahmat tersebut.

Selain beribadah, ada hal lain yang dinantikan sebagian masyarakat, yaitu THR atau Tunjangan Hari Raya. Umumnya THR dibayarkan oleh perusahaan seminggu sebelum hari raya. Nah, kadang kita takut jika pemakaian THR tersebut membuat diri menjadi lebih boros.

Untuk itu, penggunaannya harus diatur sebaik-baiknya. Berikut cara pemanfaatan THR yang bisa kamu lakukan yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Sisihkan untuk tabungan
Persoalan umum ketika hendak menabung ialah soal uang. Mumpung ada uang THR sebagai penghasilan tambahan, kalian bisa sisihkan beberapa persen untuk masuk ke dalam celengan tabungan. Ingat, jangan dipakai jika kamu belum dalam keadaan urgent, nanti jadi gagal loh nabungnya!

2. Gunakan untuk membayar hutang atau dana darurat
Perlu kita ketahui, sebisa mungkin memiliki uang dana darurat untuk keperluan mendadak yang biayanya pun tidak bisa diprediksi. Kalian bisa simpan sekitar 15% atau secukupnya dari THR yang kalian miliki. Penting juga dalam pembayaran hutang, harus segera dilunaskan atau bisa memberatkan keadaan finansialmu berlarut-larut!

3. Berbagi dengan yang membutuhkan (zakat dan sedekah)
Selain mendapatkan pahala, berbagi dengan apa yang kita miliki dapat membantu kehidupan sesama manusia. Gunakan hal tersbeut sebaik mungkin agar dapat bermakna bagi orang lain dan juga berdampak untuk diri kita sendiri agar menjadi lebih bahagia.

4. Kebutuhan lebaran
Kita bisa gunakan beberapa persen dari apa yang didapat untuk digunakan sebagai hadiah lebaran. Misalnya membagikan hadiah untuk saudara di kampung maupun menyenangkan keluarga d rumah, seperti makan-makan. Apalagi disaat pandemi seperti ini, kita diharuskan tetap menjaga 3M dan protokol kesehatan lainnya.

 

Sponsored
Berita Lainnya