sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aroid asli Indonesia

Indonesia mempunyai beberapa jenis Aroid yang berpotensi dikembangkan menjadi tanaman hias komersial.

Syah Deva Ammurabi
Syah Deva Ammurabi Jumat, 25 Sep 2020 22:23 WIB
Aroid asli Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Peneliti Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ni Putu Sri Asih menuturkan beberapa tanaman Aroid asli Indonesia berpotensi dikembangkan menjadi tanaman hias. Misalnya, Alocasia, Homalomena, Rhaphidophora, Scindapsus, Schismatoglottis, dan Spathiphyllium  yang berpotensi dikembangkan di Indonesia. 

Selain itu, ada pula tanaman Sri Rejeki (Aglaonema) yang sudah lama dikembangkan di Indonesia berasal dari famili Araceae. Golongan tanaman ini sebagian besar berasal dari Kalimantan.

Pemilik Godong Ijo Nursery Chandra Gunawan Hendarto menyatakan ada tanaman Aroid asli Asia Tenggara yang hampir mirip Monstera, yakni Rhaphidophora. Spesies Rhaphidophora tetrasperma  bahkan disebut sebagai “Mini Monstera” di pasaran tanaman hias. Namun, tetap saja popularitas Aroid asli Indonesia ini masih kalah dengan Aroid impor yang harganya membuat geleng-geleng kepala.

"Yang sekarang diburu-buru enggak ada yang asli Indonesia, itu dari Amerika Selatan. Ada sih Alocasia tapi enggak banyak," katanya kepada Alinea.id.

Sponsored

Alinea.id mengulas perburuan Aroid asli Indonesia yang berpotensi dikomersilkan disini.

Berita Lainnya