sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dari Garbi ke Gelora

Partai Gelora lahir dari ide arah baru Indonesia (ABI) yang dicetuskan eks Presiden PKS Anis Matta pada 2014.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Rabu, 20 Nov 2019 19:51 WIB
Dari Garbi ke Gelora

Partai Gelora lahir dari ide arah baru Indonesia (ABI) yang dicetuskan eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta pasca-Pemilu 2014. Ketika itu, menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gelora Mahfudz Siddiq, ide Anis diterima para petinggi PKS dan dibahas secara serius. 

Namun, saat Anis lengser dan pucuk kepemimpinan PKS diduduki Sohibul Iman, ide tersebut mulai dianggap berbahaya. Anis pun dikerdilkan di PKS. Tak terkecuali para pengikutnya. ABI bahkan sempat dianggap gagasan untuk kudeta di PKS. 

"Pascamuncul dokumen kewaspadaan kudeta PKS, para pimpinan PKS itu melakukan langkah represif. Banyak kader dipecat. Yang dipecat dan disingkirkan adalah orang-orang yang terlibat dan intens terhadap konsep arah baru Indonesia," ujarnya kepada Alinea.id, Senin (18/11) lalu.

Meskipun begitu, ide tersebut tetap dimatangkan oleh Anis dan koleganya. Pada 2016, Garbi dideklarasikan. Dua tahun berselang, Garbi resmi berbadan hukum sebagai ormas. Belakangan, Garbi bertransformasi menjadi Partai Gelora. 

Infografik Alinea.id/Dwi Setiawan

Sponsored
Berita Lainnya