sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gerakan minim sampah dengan belanja di toko curah

Toko curah atau bulk store yang menjual produk tanpa kemasan mulai bermunculan.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Senin, 19 Sep 2022 13:15 WIB
Gerakan minim sampah dengan belanja di toko curah

Zero Waste Indonesia menyebut bulk store/toko curah atau yang disebut juga zero waste shop sebagai toko yang menerapkan konsep zero waste alias bebas sampah. Pendiri sekaligus pemilik Naked Inc Kiana Lee mengisahkan, toko curah miliknya merupakan buah dari kegelisahannya akan banyaknya onggokan sampah di sudut-sudut Jakarta. Bahkan sebagian sampah yang ada, terutama sampah kemasan dan sisa makanan banyak hanyut di aliran sungai dan berakhir di laut. 

“Dengan toko ini, kami berharap setidaknya bisa mengurangi sampah kemasan. Sesuai dengan nama toko kami Naked, yang memang kami menjual barang-barang tanpa kemasan,” bebernya, kepada Alinea.id, Rabu (7/9).

Selain tidak mengemas produk-produk yang dijualnya dalam plastik, Kiana juga menyarankan pembeli agar membawa wadahnya sendiri. Hal ini sekaligus menjadi edukasi pada konsumen untuk memperpanjang masa pakai dari barang-barang yang mereka miliki atau reuse.

“Jadi, kalau Anda mau belanja, pakai aja wadah kayak tempat bekas es krim, atau botol sisa minuman sebagai wadah untuk belanja di sini. Jangan lupa juga bawa tas kain atau keranjang belanja,” imbuhnya.

Sponsored

Alinea.id mengulas gaya hidup ramah lingkungan dengan berbelanja ke toko curah dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/Debbie Alyuwandira.

Berita Lainnya
×
tekid