logo alinea.id logo alinea.id

Kapan orang Yahudi datang ke Indonesia?

Orang Yahudi di Indonesia juga mengalami asimilasi, dengan menganut agama resmi pemerintah.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 26 Mar 2019 14:36 WIB
Kapan orang Yahudi datang ke Indonesia?

Di dalam bukunya, Romi menulis, arti kata Yahudi dalam konteks Bahasa Indonesia punya pencampuradukan makna. Dalam istilah Inggris, untuk menyebut Yahudi dengan konteks politik, digunakan istilah Zionism, Judaism untuk agama, dan Jews untuk menyebut orang beretnis Yahudi.

Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, ketiganya dipukul rata dengan menyebut Yahudi. Hal yang kemudian berdampak pada pemahaman orang-orang Indonesia mengenai Yahudi itu sendiri. Satu kata yang punya konotasi negatif.

Untuk menekan sentimen anti-Yahudi dan memberikan definisi yang benderang, pada 2016 Monique membentuk Hadassah of Indonesia, sebuah lembaga yang konsentrasi memberikan pemahaman kepada publik soal Yahudi, dan Israel sebagai sebuah negara dan tempat suci tiga agama, yakni Islam, Nasrani, dan Yahudi.

Menurut Monique, lembaga ini dibentuk bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia, agar bisa hidup berdampingan dengan orang-orang Yahudi yang ada di Indonesia.

Sponsored

“Mereka (orang Yahudi) dapat ditemui jejaknya dalam sejarah Bangsa Indonesia, tetapi keberadaannya seperti dihilangkan,” katanya.

Orang-orang Yahudi di Indonesia hidup dalam kelompok kecil di sejumlah kota di Indonesia.