sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kiat berbisnis produk K-Pop

Besarnya fans K-Pop dari Korea Selatan di tanah air menjadi ceruk bisnis yang menjanjikan.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Jumat, 21 Okt 2022 11:19 WIB
Kiat berbisnis produk K-Pop

Jumlah penggemar musik Korea Selatan (K-Pop) di Indonesia memang tidak bisa diremehkan, meski belum ada data yang jelas terkait berapa jumlahnya. Namun, data yang dirilis Twitter pada awal tahun ini melansir daftar 20 negara dengan penggemar K-Pop terbanyak sampai akhir 2021. Indonesia menempati peringkat pertama diikuti kemudian oleh Jepang, Filipina, Korea Selatan, Amerika Serikat, Thailand, Brasil, Meksiko, India, dan Malaysia.

Selain itu, Indonesia juga menempati peringkat teratas untuk jumlah cicitan (tweet) K-Pop terbanyak selama dua tahun berturut-turut. Dengan di belakangnya ada negara Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brasil, India, dan Jepang.

“Dengan percakapan paling banyak di 2021 dipimpin oleh Grup BTS dan NCT. Kami juga melihat adanya peningkatan percakapan tentang ENHYPEN, aespa dan ITZY. Selain K-Pop, kami juga melihat ada peningkatan ketertarikan penggemar pada konten Korea lain, seperti drama dan webtoon,” jelas Head of Global K-Pop Partnership Twitter Kim Yeonjong, seperti dikutip Alinea.id, Kamis (13/10).

Orang yang jeli melihat peluang pun memanfaatkan momen ini untuk berbisnis merchandise, jasa titip, dan lainnya terkait K-Pop. Alinea.id mengulas peluang bisnis K-Pop dalam artikel ini.

Sponsored

Ilustrasi Alinea.id/Aisya Kurnia.

Berita Lainnya
×
tekid