close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi Alinea.id/Aisya Kurnia.
icon caption
Ilustrasi Alinea.id/Aisya Kurnia.
Infografis
Jumat, 21 Oktober 2022 11:19

Kiat berbisnis produk K-Pop

Besarnya fans K-Pop dari Korea Selatan di tanah air menjadi ceruk bisnis yang menjanjikan.
swipe

Jumlah penggemar musik Korea Selatan (K-Pop) di Indonesia memang tidak bisa diremehkan, meski belum ada data yang jelas terkait berapa jumlahnya. Namun, data yang dirilis Twitter pada awal tahun ini melansir daftar 20 negara dengan penggemar K-Pop terbanyak sampai akhir 2021. Indonesia menempati peringkat pertama diikuti kemudian oleh Jepang, Filipina, Korea Selatan, Amerika Serikat, Thailand, Brasil, Meksiko, India, dan Malaysia.

Selain itu, Indonesia juga menempati peringkat teratas untuk jumlah cicitan (tweet) K-Pop terbanyak selama dua tahun berturut-turut. Dengan di belakangnya ada negara Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brasil, India, dan Jepang.

“Dengan percakapan paling banyak di 2021 dipimpin oleh Grup BTS dan NCT. Kami juga melihat adanya peningkatan percakapan tentang ENHYPEN, aespa dan ITZY. Selain K-Pop, kami juga melihat ada peningkatan ketertarikan penggemar pada konten Korea lain, seperti drama dan webtoon,” jelas Head of Global K-Pop Partnership Twitter Kim Yeonjong, seperti dikutip Alinea.id, Kamis (13/10).

Orang yang jeli melihat peluang pun memanfaatkan momen ini untuk berbisnis merchandise, jasa titip, dan lainnya terkait K-Pop. Alinea.id mengulas peluang bisnis K-Pop dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/Aisya Kurnia.

img
Qonita Azzahra
Reporter
img
Kartika Runiasari
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan