sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Moratorium sawit, diperpanjang atau tidak?

Pemerintah belum memutuskan apakah moratorium sawit akan diperpanjang atau tidak.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Rabu, 15 Sep 2021 19:31 WIB
Moratorium sawit, diperpanjang atau tidak?

Kemenko Perekonomian belum mengambil sikap terkait kebijakan moratorium sawit yang akan berakhir 19 September mendatang. Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Musdhalifah Machmud mengungkapkan, saat ini Kemenko Perekonomian bersama kementerian/lembaga terkait, tengah menyiapkan laporan evaluasi pelaksanaan kebijakan Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2018 tersebut. 

Nantinya, laporan evaluasi akan disampaikan kepada Presiden. Meski begitu, hingga saat ini belum diputuskan apakah Inpres tersebut akan diperpanjang atau tidak. “Belum ada arahan, tunggu saja nanti apakah akan diperpanjang atau cukup,” katanya, kepada Alinea.id, Sabtu (28/8).

Sementara itu, dalam sebuah pertemuan virtual Juli lalu, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengatakan, pemerintah akan melanjutkan moratorium sawit apabila implementasi beleid tersebut dipandang memberikan hasil positif bagi Indonesia. Namun, jika sebaliknya, pemerintah akan mempertimbangkan kembali kelanjutan penundaan dan evaluasi izin perkebunan sawit itu.

Alinea.id mengulas nasib moratorium sawit ke depan dalam artikel ini.

Sponsored

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Berita Lainnya