sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Protokol kesehatan di tempat wisata

Ada sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung saat berada di lokasi wisata. 

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Kamis, 12 Nov 2020 17:00 WIB
Protokol kesehatan di tempat wisata
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 506.302
Dirawat 64.878
Meninggal 16.111
Sembuh 425.313

Lokasi-lokasi pariwisata kembali dibuka pada era new normal. Namun demikian, ada sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung saat berwisata. 

Lewat Keputusan Menteri Kesehatan (KMK Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020, pemerintah merinci setidaknya tujuh hal yang harus diingat masyarakat  yang akan berkunjung ke tempat wisata. 

Pertama, memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berkunjung ke lokasi wisata. Kedua, kika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. 

Ketiga, selalu menggunakan masker selama berada di lokasi daya tarik wisata. Keempat, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, atau menggunakan penyanitasi tangan. 

Sponsored

Kelima, menghindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut. Keenam, menjaga jarak minimal satu meter saat berada di lokasi wisata. Terakhir, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah sepulang dari lokasi wisata.

Infografik Alinea.id/Oky Diaz

Berita Lainnya