sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Siapa di balik IndonesiaLeaks?

Indonesialeaks diawaki para profesional untuk melakukan investigasi dengan jam terbang tinggi. Sulit untuk memidanakan karya mereka.

Purnama Ayu Rizky
Purnama Ayu Rizky Kamis, 18 Okt 2018 12:58 WIB
Siapa di balik IndonesiaLeaks?

Gaduhnya komentar pro dan kontra soal berita IndonesiaLeaks membuat sejumlah pihak bereaksi. Orang-orang yang tergabung dalam Sahabat untuk Informasi dan Komunikasi yang Adil (SIKA) seperti Nawawi Bahrudin dan Anggara menyebut, IndonesiaLeaks yang berasal dari unsur media jelas sulit untuk dijerat dengan UU ITE.

Nawawi yang juga menjadi Direktur Eksekutif LBH Pers berkata pada saya, dengan teknik kerjanya, mustahil media yang tergabung di IndonesiaLeaks bisa dijerat dengan UU ITE. "Makanya kami akan bantu menjelaskan ke publik soal siapa dan tujuannya (IndonesiaLeaks). Namun, imbuhnya, kita harus ingat, hukum bekerja dengan prinsip yang sangat politis. Ini tergantung dari kemauan dari pemimpin di Indonesia.

Mengamini Nawawi, Anggara dari ICJR menilai, sangat sulit untuk memidanakan media dengan UU ITE. Ia menduga, pelaporan dugaan hoaks itu justru bisa berbahaya bagi orang IndonesiaLeaks dari unsur nonmedia. 

Di lain sisi, Dewan Pers berencana akan melakukan pertemuan dengan orang-orang di balik platform Indonesianleaks, dalam waktu satu atau dua pekan ke depan. Pertemuan itu akan membahas mengenai investigasi yang dilakukan Indonesialeaks terkait suap impor daging sapi itu.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan, pertemuan itu bertujuan untuk mengklarifikasi investigasi dan pemberitaan yang berawal dari Indonesialeaks. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan sebelum ada pihak-pihak yang merasa dirugikan melapor ke Dewan Pers.

“Kami ingin meminta klarifikasi itu juga bagaimana liputan itu dibuat, karena pasti kemudian pihak yang merasa dirugikan akan mengadu kepada dewan pers kan. Kami harus punya pengetahuan yang khusus,” tuturnya di Sentul, Sabtu (13/10).

Ia menambahkan, sampai saat ini memang belum ada pihak-pihak yang merasa dirugikan melapor ke Dewan Pers. Kendati demikian, Yosep mengatakan beberapa kabar mengenai adanya tekanan-tekanan terhadap para wartawan di media-media yang tergabung dalam Indonesialeaks telah didengarnya.

Sebelumnya orang-orang di balik Indonesialeaks sempat meminta pertimbangan untuk melakukan investigasi itu. Bahkan, para pengusung Indonesialeaks sempat memberitahukan perkembangan kepada Dewan Pers mengenai proses investigasi yang dilakukannya.

Sponsored

Siapa di balik IndonesiaLeaks?

Berita Lainnya