sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Upaya mengurangi sampah plastik di nusantara

Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kelima di dunia.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Jumat, 21 Okt 2022 17:34 WIB
Upaya mengurangi sampah plastik di nusantara

Indonesia menduduki peringkat kelima sebagai negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia, menyusul Amerika Serikat (AS), India, China, dan Brazil, yakni mencapai 9,13 juta ton sampah plastik per tahun. Hal ini terungkap dalam laporan lembaga survei World Population Review baru-baru ini.

Fakta ini semakin menguat dengan data lain dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia KLHK  Ade Palguna mengungkapkan ada sebanyak 30,43 juta ton timbulan sampah di bumi pertiwi. Terbanyak adalah sampah sisa makanan, yang mencapai 40,14% dan sampah plastik 17,56%.

Bicara soal sampah plastik, Ade mengakui, sampai saat ini Indonesia belum bisa menangani permasalahan sampah ini dengan baik. Banyak masyarakat yang masih menangani sampah plastik dengan dibakar, padahal asap dari pembakaran sampah plastik menimbulkan polusi udara.

Sementara sebagian besar lainnya, dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS) atau tempat pembuangan akhir (TPA). Sayangnya, sampah yang berakhir di kedua tempat ini pun belum bisa dikelola dengan baik, hanya menjadi gunungan sampah yang siap menjadi bencana kapan saja. Adapun sampah plastik yang berhasil di daur ulang, hanya sekitar 5% dari total sampah plastik. 

Sponsored

“Banyak yang malah dibuang di tanah, ke aliran sungai, dan ini akan berakhir di laut,” katanya, kepada Alinea.id, Selasa (27/9).

Alinea.id mengulas kiprah sejumlah perusahaan rintisan memungut dan menjual sampah demi ekonomi sirkular dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/Enrico. P. W

Berita Lainnya
×
tekid