sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

15 tips untuk mengatasi tantangan agensi yang paling menarik

Hanya karena konten trendi bisa menjadi viral, bukan berarti itu yang harus dibuat oleh setiap bisnis dan merek.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Kamis, 18 Nov 2021 20:32 WIB
15 tips untuk mengatasi tantangan agensi yang paling menarik

Jika ada satu kebenaran tentang kehidupan agensi, itu tidak pernah membosankan. Profesional yang berkembang di bidang pemasaran, periklanan, dan Hubungan Masyarakat yang sibuk, memiliki selera yang beragam dan selalu mendekati banyak peluang dan tantangan yang mereka hadapi dengan pola pikir yang terbuka, ingin tahu, dan inovatif.

Mintalah pemimpin agensi mana pun untuk memberi tahu Anda apa yang dapat Anda pelajari dari mereka tentang tantangan yang dihadapi salah satu klien mereka, dan mereka mungkin harus meluangkan waktu sebentar untuk memilah-milah berbagai masalah yang telah mereka bantu kepada klien untuk mengatasi dan memutuskan mana salah satu yang paling menarik yang bisa ditawarkan profesional lain yang paling berwawasan. Di bawah ini, 15 anggota Dewan Agensi Forbes berbagi tantangan paling menarik yang pernah mereka tangani, bersama dengan tips untuk agensi lain yang menghadapi masalah klien serupa, berdasarkan pendekatan dan hasilnya.

1. Menilai Merek Dan Ekuitas Digital Membantu Klien Dalam M&A (Mergers and acquisitions) Memutuskan Apakah Akan Mengganti Nama Atau Mengganti Merek

Klien yang mengalami akuisisi atau merger sering kali membutuhkan bantuan kami dalam memutuskan apakah akan mengambil salah satu dari dua nama perusahaan atau melakukan rebranding (mengubah citra). Tantangan ini membutuhkan penelitian kuantitatif pada pelanggan saat ini dan masa depan untuk menilai dengan benar merek yang dikehendaki dan ekuitas digital dari setiap perusahaan. Yang terbaik adalah membuat kartu skor yang disepakati untuk mengukur kedua jenis ekuitas dan menindaklanjuti hasilnya. - Scott Miraglia, Elevation Marketing.

2. Membuat Sumber Daya In-House Khusus Dapat Membantu Klien Mencapai Sasaran Konten Media Sosial

Kami memiliki banyak klien yang meminta kami untuk memasukkan mereka ke TikTok. Mereka menyadari bahwa audiens mereka pindah ke sana, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Untungnya, kami sudah tahu dan menyukai platform ini. Masyarakat hampir alergi terhadap iklan, terutama TV spot daur ulang. Jadi kami membuat studio internal untuk membuat konten khusus untuk TikTok. - Libby Brockhoff, Odysseus Arms.

3. Membuat Konten Berfokus Pada Nilai Tak Berwujud Dapat Membantu Klien Memiliki Ruang Emosional

Kami menangani akun global tempat pembuatan bir yang sangat terpengaruh oleh penutupan bar baru-baru ini. Ini diperparah dengan pembatalan Karnaval, yang biasanya merupakan bagian besar dari merek tersebut. Kami membujuk klien untuk merangkum ruang emosional dengan kampanye yang disebut “Menggenggam Karnaval,” seri interaktif nostalgia yang melihat lonjakan 12% dalam penjualan tanpa penawaran diskon tunggal. Nilai tak berwujud telah berguna. - Ernest Ross, Ross Advertising.

Sponsored

4. Membantu Klien 'Membuat Berita Sendiri' Dapat Meningkatkan Kesadaran Akan Perusahaannya

Sangat umum untuk memiliki klien yang ingin meningkatkan kesadaran akan perusahaan mereka, tetapi bukan memiliki kabar buruk. Dalam hal ini, kami fokus pada kepemimpinan pemikiran, tentu saja, tetapi juga pada "membuat berita Anda sendiri." Anda dapat membantu klien melakukannya dengan bekerja sama dengan mereka untuk membuat survei dan hasil eksklusif, kemudian membagikan data menarik atau mengadakan acara seperti meja bundar. - Jodi Amendola, Amendola Communications

5. Mengoptimalkan Konten Baru Dengan Pencarian Info Yang Diinginkan Dapat Memperbaiki Hasil Pencarian Buruk Klien

Seorang klien memiliki artikel lama yang terus muncul dengan jelas di hasil pencariannya, sedangkan artikel terbaru dan relevan tidak. Taktik standar tidak membantu. Analisis kami menunjukkan bahwa artikel tersebut berisi jawaban atas pertanyaan kunci yang ditanyakan orang tentang dia. Dengan mengoptimalkan artikel yang lebih baik yang menjawab pertanyaan itu, yang lama segera hilang. Cari tahu apa yang diinginkan pencari informasi, dan berikan sesuai keinginan Anda! - Sam Michelson, Five Blocks

6. Membuat Konten Trending Dapat Lebih Berbahaya daripada Sebaiknya Dalam Membangun Merek dan Lead-Gen

(Lead-Gen: Generasi prospek, proses pemasaran untuk merangsang dan menangkap minat pada produk atau layanan untuk tujuan mengembangkan jalur penjualan, memungkinkan perusahaan untuk memelihara target sampai mereka siap untuk membeli.)

Tantangan terus-menerus yang diajukan klien saya adalah keinginan untuk membuat konten yang sedang tren meskipun itu di luar merek bagi mereka dan bisnis mereka. Hanya karena konten trendi bisa menjadi viral, bukan berarti itu yang harus dibuat oleh setiap bisnis dan merek. Jika klien ingin membangun merek dan menghasilkan prospek, rutenya tidak selalu membuat konten yang sedang tren —terkadang hal itu dapat lebih berbahaya daripada menguntungkan. - Tony Pec, Y Not You Media

7. Melakukan Penyegaran Merek Dapat Membantu Perusahaan Menarik Kepemimpinan Generasi Baru

Tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini adalah pergeseran generasi, dengan pensiunnya Baby Boomers dan generasi muda memasuki tempat kerja. Agar tetap relevan dengan generasi baru ini, perusahaan harus terus berinovasi dan berkembang. Ini mungkin berarti penyegaran untuk merek, layanan baru atau penawaran produk, atau aksi PR untuk menarik perhatian merek dan menarik kepemimpinan yang lebih muda. - Marilyn Cowley, PREM - PR & Social

8. Memiliki Pakar Di Tim Anda Dapat Membantu Klien Memperbaiki Kekacauan Internal yang Mereka Buat

Sebagai agensi SEO dan pemasaran digital, sebagian besar tantangan menarik kami datang dari klien yang mencoba mengelola area ini sendiri. Itu berhasil untuk mereka pada awalnya, tetapi kesalahan besar dibuat. Kemudian, mereka menghubungi kami untuk memperbaiki penalti Google yang berat dan menonaktifkan akun Google Ads. Kiat terbaik yang dapat kami berikan kepada agensi lain adalah memiliki ahli di tim Anda yang dapat memperbaiki kekacauan apa pun. - Marc Hardgrove, The HOTH

9. Menyarankan Klien Untuk Mengikuti Pedoman Kebijakan Iklan Mencegah Tantangan yang Tidak Mungkin Nanti

Tantangan paling menarik yang sering dihadapi perusahaan kami juga merupakan tantangan umum: Perusahaan yang telah melanggar aturan platform iklan. Sangat jarang melihat akun ini diaktifkan kembali, jadi pada saat itu, tidak banyak yang bisa dilakukan agensi. Jadi saran saya untuk klien adalah: Ikuti panduan kebijakan iklan dengan cermat. Jangan mengambil risiko besar dengan aturan; lebih baik untuk dapat menjalankan 80% dari iklan Anda daripada 0% dari mereka. - Brian Meert, AdvertiseMint

10. Tidak Menolak Permintaan untuk Solusi yang Dipercepat Dapat Menyebabkan Kemitraan Jangka Panjang

Kami sering mendapat klien datang kepada kami meminta kami untuk mempercepat peluncuran situs web untuk mereka dalam seminggu. Rencana mereka sebelumnya telah gagal, atau mereka tidak memikirkan sesuatu sampai menit terakhir. Kami sering menerima tantangan tersebut dan mengubah klien tersebut menjadi kemitraan jangka panjang. Saya akan menyarankan bahwa tidak peduli seberapa sulit tantangannya, jangan katakan "tidak" pada awalnya. Cari tahu solusinya. - Peter Boyd, PaperStreet Web Design

11. Menjadi Transparan Tentang Berapa Lama Proyek Akan Membantu Klien Berhasil

Salah satu masalah besar adalah penggabungan akun media sosial. Misalnya, klien akan mendekati kami untuk kampanye Facebook, dan kemudian kami menemukan bahwa mereka memiliki empat halaman Facebook aktif untuk perusahaan mereka. Sekarang apa? Mereka meminta kami untuk menggabungkannya menjadi satu. Tips saya untuk agensi yang menghadapi situasi ini? Katakan, "Ya, kami dapat membantu, tetapi itu akan memakan waktu." Ini adalah jenis permainan "lambat dan mantap memenangkan perlombaan". Tidak ada resolusi instan atau konsisten. Jadilah transparan. - Christopher Tompkins, The Go! Agency

12. Berpikir di Luar Kotak Dapat Membantu Anda Menemukan Solusi Untuk Tantangan Klien

Salah satu klien tertentu berurusan dengan terlalu banyak waktu mereka yang diambil dengan menerbitkan sertifikat asuransi. Kami mengembangkan aplikasi untuk mengotomatiskan proses ini dan membiarkan pelanggan mengunduh sertifikat sebagai gantinya. Sebagai sebuah agensi, Anda harus selalu siap untuk berpikir out of the box dan mau melihat masalah dan tantangan dari sudut yang sebelumnya tidak Anda pertimbangkan, seperti memanfaatkan otomatisasi. - Lisa Montenegro, Digital Marketing Experts - DMX

13. Menggali Lebih Dalam Masalah yang Disajikan Dapat Mengungkapkan Tantangan Lebih Besar yang Dihadapi Klien

Agensi kami ditantang untuk membuat ringkasan manajemen krisis. Klien menyatakan keprihatinan bahwa merek mereka akan dirusak oleh pihak ketiga. Pakar materi pelajaran kami memastikan bahwa krisis itu hanya terkandung dalam ruang gema online dan menyarankan klien untuk tidak bereaksi. Sebagai gantinya, kami memberi perhatian pada mereka masalah terpisah dengan volatilitas yang lebih tinggi dan dampak jangka panjang. - Albert Moufarrij, MACH9

14. Bekerja Sama Dengan Mitra Agensi Lain Dapat Menawarkan Solusi yang Lebih Holistik kepada Klien

Kami memiliki klien dengan begitu banyak pergantian di departemen pemasaran internal mereka sehingga agensi kami memiliki lebih banyak pengetahuan institusional tentang inisiatif pemasaran daripada siapa pun di rumah. Kami memberi mereka kesempatan untuk sepenuhnya mengalihdayakan departemen pemasaran mereka kepada kami dengan bekerja sama dengan mitra agensi yang dapat mengisi semua yang tidak kami tawarkan, dan memberi mereka solusi holistik. - Margulies April, Trust Relations

15. Mengambil Proyek Di Luar Ruang Kendali Anda Dapat Mendorong Hasil Dan Memperluas Keahlian

Jangan menolak sesuatu karena itu di luar ruang kendali Anda! Kami baru-baru ini meluncurkan kampanye unik dan cepat yang cukup menantang dalam hal penemuan dan aktivasi influencer. Meskipun itu bukan jenis program yang paling kami kenal, kami dapat memanfaatkan keterampilan kami untuk mendorong hasil yang kuat sambil juga memperluas pengetahuan dan keahlian kami di sepanjang jalan. - Danielle Wiley, Sway Group

(Dewan Agensi Forbes adalah komunitas khusus undangan bagi para eksekutif dalam hubungan masyarakat yang sukses, strategi media, agensi kreatif dan periklanan.(forbes.com)

Berita Lainnya
×
tekid