logo alinea.id logo alinea.id

Di balik layar foto-foto viral #JakartaSepi ditinggal mudik

Foto-foto sepinya Ibu Kota Jakarta yang viral saat ditinggal mudik lebaran ternyata sedang dilombakan.

Annisa Rahmawati
Annisa Rahmawati Jumat, 07 Jun 2019 02:51 WIB
Di balik layar foto-foto viral #JakartaSepi ditinggal mudik

Foto-foto sepinya Ibu Kota Jakarta yang viral saat ditinggal mudik lebaran ternyata dilombakan. Simak foto-fotonya di sini.

Jakarta sepi ditinggal pemudik untuk berlibur Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah yang jatuh pada Rabu (5/6). Momen ini justru dimanfaatkan oleh para fotografer untuk berimajinasi tinggi membidik lensanya ke arah model di tengah jalan.

Lalu lintas saat lebaran kedua ini tampak lengang mulai dari kawasan Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, hingga kawasan Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Hal ini sangat dinanti oleh beberapa fotografer Indonesia, salah satunya Nikon Indonesia.

Kegiatan yang digelar untuk ke-14 kalinya ini digagas oleh merek kamera ternama. Kegiatan ini kembali membuat acara silaturahmi fotografer Jakarta sekaligus membuka perlombaan ajang karya visual dengan mengusung tema Jakarta Sepi XIV

Nikon Indonesia mengajak seluruh pecinta foto untuk berburu (hunting). Masyarakat bisa mendaftarkan diri secara gratis di MC Donald's Sarinah pada 6 Juni 2019 mulai pukul 07.00 WIB. Acara ini pun terbuka untuk umum

Model yang dijadikan objek gambar pun tergolong sangat unik, mulai dari pakaian tidur (piama) hingga peralatan mendaki gunung dan lain-lain.

Agung Fitri, salah satu pecinta fotografi terlihat antusias mengikuti perlombaan foto Jakarta sepi. Menurutnya, jepretan ini sangat langka, terutama momentum kota metropolitan dengan nuansa yang tidak terlalu ramai. "Gokil bener acara ini luar biasa," ujar Agung saat ditemui di kawasan Bunderan HI, Jakarta (6/6).

Menurut dia, keuntungan mengikuti acara ini adalah lantaran hobi. Selain itu, lomba fotografi ini merupakan aktualisasi dirinya sehingga dapat bertukar pengalaman dan menambah relasi pertemanan.

Sponsored

Tak hanya dari kalangan pecinta foto, pendaki gunung pun rela menuangkan kreativitasnya untuk menjadi objek gambar.

Ketentuan perlombaan ini memanfaatkan platform media sosial Instagram dengan cara mengunggah hasil karya bidikan peserta fotografer. Selanjutnya, mengikuti akun Instagram @NikonIndonesia lalu menandai (tag and mention) dengan hashtag #NikonJakartaSepiXIV. Periode unggah ini mulai dari 6 hingga 16 Juni 2019.

Hadiah yang ditawarkan untuk Juara 1 kamera Nikon1 J5, juara 2 Nikon Coolpix W100 dan juara 3 akan mendapatkan Nikon Coolpix A100. Untuk tambahannya juara 1 dan 2 mendapatkan satu buah tas.

Berikut foto-foto di balik #JakartaSepi:

1. Di balik foto viral, ada fotografer yang ikut lomba

Warga Ibu Kota yang tidak mudik memanfaatkan jalanan sepi untuk berfoto. Alinea.id/Annisa Rahmawati

2. Tampak kosong, padahal ramai..

Fotografer tengah mengabadikan seorang model yang berpose di jalan protokol Jakarta. Alinea.id/Annisa Rahmawati

3. 

Puluhan hingga ratusan fotografer berkumpul di kawasan Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin Jakarta saat Ibu Kota sepi ditinggal mudik. Alinea.id/Annisa Rahmawati

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB