logo alinea.id logo alinea.id

Drama Angel Lelga-Vicky, gimmick demi popularitas?

Sosok Vicky sudah akrab dengan tudingan gimmick sejak namanya mencuat pada 2013, pasca-batalnya pertunangan dengan pedangdut Zaskia Gotik.

Purnama Ayu Rizky
| Purnama Ayu Rizky Selasa, 15 Jan 2019 11:18 WIB
Drama Angel Lelga-Vicky, gimmick demi popularitas?

Vicky Prasetyo keluar kantor Pengadilan Agama Jakarta Selatan dengan muka sumringah, Kamis (10/1).

Alhamdulillah, tadi sudah diputuskan ketok palu, sah (bercerai). Ya sudah sah menurut agama dan negara,” tuturnya, lewat video yang ramai beredar di Youtube.

Vicky sebelumnya menikah dengan penyanyi sekaligus artis peran, Angel Lelga pada 9 Februari 2018. Pernikahan mereka sendiri dipenuhi 20 endorser, dan sempat disiarkan di dua stasiun televisi Anteve dan Trans TV.

Tak tanggung-tanggung, resepsi bertema "Beauty and The Beast" ini diklaim menelan biaya hingga miliaran rupiah. Tak hanya bertabur menu hidangan fantastis dan hadiah, pernikahan ini relatif lebih dramatis lantaran Vicky beraksi terjun dari helikopter, demi membuktikan cintanya pada janda Rhoma Irama itu.

Namun, romansa mereka tak berumur panjang. Drama demi drama mewarnai pernikahan tersebut. Yang paling heboh, yakni penggerebekan yang dilakukan Vicky atas Angel di rumahnya atas dugaan skandal perselingkuhan. Tak lupa, kamera pewarta infotainment menyorot adegan penggerebekan yang berlangsung pada November 2018 lalu.

Tak berhenti di situ, bola panas terus bergulir. Setelah keduanya saling melaporkan atas dugaan zina, sisanya atas indikasi pencemaran nama baik dan perusakan properti. Sampai akhirnya kasus berkembang, hingga pengadilan memutuskan kedua pasangan ini resmi berpisah.

Masalahnya, banyak pihak yang menduga rentetan peristiwa mulai pernikahan, konflik, hingga perceraian itu adalah gimmick belaka. Sosok Vicky pun sudah akrab dengan tudingan gimmick sejak namanya mencuat pada 2013, pasca-batalnya pertunangan dengan pedangdut Zaskia Gotik. Alih-alih terpuruk, kegagalan pertunangan itu justru membuat namanya makin diperbincangkan.

Simak daftar lengkap gimmick yang dibuat pria bernama asli Hendriarto ini. Ia diisukan memiliki 600 mantan kekasih, pernah mengajak pedangdut Fania Nada untuk menjalani kisah cinta settingan, pernah pula ditolak salah satu personel "Trio Macan" saat nekat melamarnya. Tak hanya itu, pria yang kerap berganti nama ini juga terkenal setelah menggunakan istilah-istilah ajaib seperti ‘kotroversi hati’, ‘kudeta keinginan’, ‘twenty nine my age’, dan seterusnya. Jangan lupakan juga, berbagai kasus penipuan dan penggelapan yang dialamatkan padanya beberapa tahun belakangan.

Sponsored

Jurus itu rupanya berhasil. Wajah Vicky jadi makin sering malang melintang di stasiun televisi, dengan mengisi acara "Pesbukers", "Vickynisasi", "Take Me Out Indonesia", bahkan ia juga bermain film "Bisikan Arwah". Sebuah album lagu bertajuk "Kotroversi Hati" juga diluncurkan pada 2015 lalu.

Apalagi keuntungan yang mereka peroleh? Dalam satu tahun, nama mereka jadi santapan 266 media daring. Bahkan kisahnya diberitakan sebanyak 9.516 kali.

Drama dan gimmick lazim di dunia artis

Sebenarnya kisah berliku Vicky dan Angel Lelga sering dibuat oleh artis-artis lain, baik dalam negeri hingga luar negeri. Sejumlah nama seperti Ayu Ting Ting, Bella Shofie, sampai artis dunia sekelas Taylor Swift, mendiang Michael Jackson, Robert Pattinson, dan Kristen Stewart pun disebut-sebut melakukannya.

Dalam dunia hiburan, hubungan settingan yang umumnya dramatis dan seumur jagung itu disebut promance, fauxmance, atau showmance. Artinya, hubungan yang dimaksudkan untuk tujuan mencetak komoditi bisnis, alih-alih didasari rasa cinta kedua orang.

Christopher Melcher, mitra pendiri firma hukum yang berpusat di Los Angeles, Walzer Melcher, mengatakan sebagian besar selebritas Hollywood melakukan itu demi alasan ketenaran dan uang. Dikutip dari Huffingtonpost, ketika para selebritas terlibat dalam promance, mereka akan membuat kontrak rahasia yang dijembatani oleh para humas atau agen di belakangnya.

“Perjanjian itu meliputi cara berbicara di depan publik, klausa seks, pembagian properti, keuntungan material, dan anak-anak, jika itu ada,” ujarnya.

Promance diyakini marak dilakukan sejak aktor Rock Hudson pada 1955 menikah dengan sekretarisnya Phyllis Gates. Sejumlah media Amerika memberitakan, pernikahan ini telah diatur sedemikian rupa oleh agen aktor, Henry Wilson, dalam upaya untuk menyembunyikan orientasi seksual Hudson dari publik.

Pasangan artis Kristen Steward dan Robert Pattinson/Facebook

Lalu hubungan Spencer Tracy dan Katharine Hepburn yang terkenal pada 2000-an. Masalahnya pada 2012, muncikari Hollywood Scotty Bowers mengklaim, hubungan 26 tahun ini hanya umpan untuk mengalihkan orientasi sesama jenis yang mereka berdua sama-sama nikmati.

Sederet pasangan lain disebut-sebut oleh Melcher juga buah dari kapitalisasi industri hiburan.  Mulai dari Kardashian-Wests dan Jolie-Pitts. Namun, pasangan 'vampire' Kristen Stewart dan Pattinson jadi yang paling fenomenal. Didorong kebutuhan untuk memindahkan romansa di balik layar ke dunia nyata, mereka diisukan berhubungan sebagai kekasih. Lalu begitu film tamat, Kristen diberitakan telah selingkuh dengan R. Pattz, sutradara film “The Huntsman”, bahkan mereka sempat tinggal serumah, memelihara hewan peliharaan, dan lebih santai membicarakan romansa mereka.

Simbiosis mutualisme dari promance juga dirasakan oleh Taylor Swift dan Tom Hiddleston (Hiddleswift). Swift menurut Huffington Post, berusaha menyembuhkan reputasinya usai banyak dihujat karena selingkuh dari Calvin Harris. Tom sendiri merupakan aktor dengan reputasi relatif baik di Inggris. Sebaliknya, Tom yang pernah main di film “Thor: Ragnarok” ini juga diuntungkan setelah berhubungan dengan Swift. Bahkan, jumlah pengikutnya di Twitter melonjak drastis dari 2,8 juta jadi 3,8 juta. Di Instagram, pengikutnya mencapai 1,1 juta dalam hitungan minggu.

Menurut laporan New York Times pada 2005, kapitalisasi promance menjadi menguntungkan. Tak hanya bagi pasangan palsu, tapi juga media-media hiburan. Laporan sirkulasi dan periklanan oleh Bauer Publishing menyebut, jumlahnya meningkat 49,7%, menjadi 1,12 juta kopi dibandingkan dengan paruh pertama 2004.

Penjualan kios koran untuk mingguan naik 49,8%, menjadi 1,09 juta. Di US Weekly, yang dimiliki oleh Wenner Media, sirkulasi meningkat 23,9% menjadi 1,67 juta. Penjualan kios koran untuk US Weekly naik 32,6%, terjual sebanyak 989.011 eksemplar. Star, tabloid, menjual 879.356 eksemplar di kios koran, turun 4%, tetapi total sirkulasi berbayarnya meningkat 20,9%, menjadi 1,43 juta, sejak paruh pertama 2004.

"Penyebabnya tak lain adalah karena konsumen memiliki hasrat tinggi untuk berita selebritas," kata George R. Sansoucy, direktur media cetak Magna Global Trading.

Di Indonesia, hampir seluruh media daring memiliki kanal hiburan dan gosip selebritas, mulai Kompas, Tribun, Liputan6. Bahkan sejumlah media daring sengaja diluncurkan dengan hanya mengangkat berita-berita hiburan seperti Mata-mata.com, Grid.id, Kapanlagi.com, dan Dream.co.id.

Bergeser di media sosial, siapa pengguna aktif Instagram yang tak kenal dengan akun @LambeTurah yang setia menyajikan gosip eksklusif para artis? Jumlah pengikutnya bahkan kini mencapai 6 juta. Mungkin Anda sendiri salah satu pengikutnya?