sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Facebook disarankan jangan ganti nama, ganti saja CEO-nya

Sekarang, di tengah badai kritik ini, perusahaan dilaporkan telah membuat strategi hubungan masyarakat baru: mengubah namanya.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Sabtu, 23 Okt 2021 19:02 WIB
Facebook disarankan jangan ganti nama, ganti saja CEO-nya

Kara Alaimo, profesor di Sekolah Komunikasi Lawrence Herbert di Universitas Hofstra, menulis tentang wanita dan media sosial. Dia adalah juru bicara untuk urusan internasional di Departemen Keuangan Amerika Serikat selama pemerintahan Barack Obama. Akun Twitternya @karaalaimo. Pendapat yang diungkapkan dalam komentar ini adalah sepenuhnya milik penulis sebagai opini di CNN:

Ketika dunia mulai benar-benar berkutat dengan betapa berbahayanya platform media sosial, Facebook seperti mengonfirmasinya, menyusul tuduhan mengejutkan seorang mantan staf, Frances Haugen, bahwa perusahaan itu telah lama mengetahui tentang efek beracun platformnya pada masyarakat -- dan hanya berbuat sedikit untuk mencoba memperbaikinya.

Sekarang, di tengah badai kritik ini, perusahaan dilaporkan telah membuat strategi hubungan masyarakat baru: mengubah namanya. Menurut sebuah laporan oleh The Verge, Facebook akan segera mengumumkan nama baru yang mencerminkan fokus CEO Mark Zuckerberg untuk menjadi bagian dari masa depan yang disebut "metaverse" -- dunia online tempat avatar kita berinteraksi dengan cara yang sangat nyata.

Ada alasan mencolok mengapa perubahan nama Facebook adalah langkah cerdas dari perspektif citra, dan itu tidak ada hubungannya dengan fakta bahwa perusahaan mungkin ingin membuat merek payung tunggal untuk tiga platform utama yang dimilikinya -- Facebook, Instagram, dan WhatsApp -- atau ingin fokus pada metaverse. Itu karena publik telah kehilangan kepercayaan pada Facebook. Dan memang demikian. Untuk semua foto keluarga yang dibagikan atau video lucu yang dibuat oleh perusahaan, "Facebook" sekarang juga menjadi nama yang dikaitkan dalam beberapa tahun terakhir dengan informasi yang salah, pelanggaran privasi, penyebaran kebencian dan otokrasi.

Tapi nama baru tidak akan sampai ke akar masalah: reputasi hancur Facebook. Menggunakan nama yang berbeda tidak akan secara ajaib menciptakan merek di mana konsumen akan menempatkan kepercayaan gabut mereka.

Satu-satunya cara bagi Facebook untuk memulihkan kepercayaan itu adalah dengan mengubah kepemimpinannya dan mengatasi masalah aktual yang telah memicu begitu banyak kekhawatiran. Facebook sudah menolak keras banyak tuduhan terhadapnya, menyebut beberapa "menyesatkan," dengan mengatakan mereka telah menindak konten anti-vaksin dan informasi yang salah. Perusahaan juga mengatakan mereka menyambut baik regulasi dan berpendapat bahwa kebaikan aplikasi mereka lebih besar daripada kerugiannya.

Meskipun demikian, banyak yang mempelajari informasi yang keliru tetap merasa khawatir, dan Haugen menegaskan bahwa Facebook terus mengutamakan keuntungan di atas semua orang. Sangat penting bagi perusahaan untuk benar-benar mengatasi masalah yang telah dilepaskannya sebelum membantu membangun "metaverse" masa depan di mana teknologi akan memainkan peran yang lebih besar dalam kehidupan kita daripada yang sudah ada.

Cara untuk memulai ialah dengan pengunduran diri Zuckerberg.

Sponsored

Perusahaan telah menunjukkan kepada kita jutaan informasi yang salah saat kita memutuskan siapa yang akan dipilih sebagai presiden AS. Dituduh gagal menindak secara efektif misinformasi mematikan tentang vaksin virus corona (yang tentu saja bisa menyelamatkan nyawa), dan sebuah laporan oleh Center for Countering Digital Hate menemukan bahwa Instagram bahkan terkadang merekomendasikan informasi yang salah tentang vaksin kepada para penggunanya.

Penelitian independen telah lama menunjukkan bahwa menggunakan media sosial merugikan kesehatan mental pengguna -- terutama remaja -- karena hal itu menciptakan kesan (sering salah) bahwa semua orang menjalani kehidupan yang lebih mulia.

Haugen bersaksi bahwa Facebook telah digunakan untuk menyebarkan kebencian secara global dan memicu kekerasan etnis yang mematikan di Myanmar dan Ethiopia. Dan Zuckerberg telah menyesatkan pengguna dan anggota parlemen AS tentang bagaimana perusahaan asing mengakses data kita, meningkatkan kekhawatiran privasi yang menakutkan.

Facebook, tentu saja, memandang situasi ini secara berbeda. Setelah Haugen bersaksi di depan Kongres bahwa perusahaan telah lama menyadari masalah ini dan gagal untuk mengatasinya, seorang juru bicara mengatakan kepada CNN Business bahwa "kami terus melakukan perbaikan yang signifikan untuk mengatasi penyebaran informasi yang salah dan konten berbahaya. Menyatakan bahwa kami mendorong konten yang buruk dan tidak melakukan apa-apa, itu sama sekali tidak benar."

Fakta bahwa perusahaan terus menyangkal telah mengecewakan kita, adalah bagian besar dari masalah di sini. Dan orang yang bertanggung jawab atas Facebook melalui semua ini, tentu saja, adalah pendirinya, Mark Zuckerberg.

Jelas bahwa dia tidak memiliki kecenderungan moral atau kapasitas untuk memecahkan masalah ini. Mau tidak mau, dia harus mundur. Perusahaan harus mengumumkan kepala eksekutif baru dengan semua kemungkinan sesegera mungkin. Seharusnya seseorang yang bijaksana dan berkomitmen pada transparansi tentang bagaimana media sosial merugikan masyarakat kita -- yang memiliki kemauan dan kompetensi untuk menempatkan platform pada jalur yang sangat berbeda.

Cukup meresahkan bahwa perusahaan tampaknya tidak memperhitungkan ruang lingkup reformasi yang diperlukan. Tapi yang benar-benar menakutkan adalah, pada saat yang sama dengan bahaya ini terungkap, Facebook sedang mencoba untuk memperluas cara kita menggunakan teknologi. Zuckerberg mengatakan dia fokus membantu membangun metaverse di mana dunia fisik dan virtual bersilangan. Kita akan semakin beroperasi sebagai avatar digital di ranah ini.

Facebook sudah membahayakan pemilu AS, kesehatan, privasi, dan kehidupan orang-orang di tempat-tempat yang digunakan untuk menabur perselisihan. Sementara metaverse masa depan bisa menjadi hal yang baik jika dibangun dengan benar -- memberi orang akses yang sama ke peluang terlepas dari geografi, disabilitas, atau penitipan anak dan komitmen lainnya -- Facebook seharusnya tidak mengambil satu langkah lebih jauh di jalur ini sampai mengutamakan untuk membahas masalah yang telah dibuatnya. Mengubah namanya tidak melakukan apa pun buat menyelesaikannya.

Shakespeare yang terkenal menulis: "Apalah arti sebuah nama? Apa yang kita sebut mawar, dengan nama lain akan tetap berbau harum." Saat ini, Facebook dengan nama lain akan sama menakutkannya bagi kita sebagai masyarakat. Dan nama baru yang mengisyaratkan pengambilalihan yang lebih besar dari hidup kita akan menjadi lebih menakutkan. Mengubah namanya tidak akan mengubah kenyataan ini. (CNN)

Berita Lainnya
×
tekid