close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Iklan Saudia yang dibintangi Khaby Lame dianggap menyinggung orang Arab Saudi. Foto Tangkapan layar
icon caption
Iklan Saudia yang dibintangi Khaby Lame dianggap menyinggung orang Arab Saudi. Foto Tangkapan layar
Media
Kamis, 13 Juli 2023 20:33

Iklan Saudia yang dibintangi Khaby Lame dianggap menyinggung orang Arab Saudi

Al-Ahmari mengatakan bahwa jika peran Khaby dan penumpang Saudi dibalik, iklan tersebut akan berhasil.
swipe

Iklan maskapai penerbangan Saudia yang mempromosikan sistem hiburan dalam penerbangannya, Beyond, telah memicu reaksi kemarahan di Twitter.  Sejumlah netizen Saudi menganggap kontennya menyinggung.

Iklan video yang sekarang sudah dihapus, bagian dari kampanye media sosial yang diluncurkan oleh maskapai nasional Kerajaan Arab Saudi, menampilkan influencer TikTok Senegal-Italia Khabane “Khaby” Lame, yang menunjukkan kepada penumpang Saudi cara melakukan fungsi sederhana memesan makanan melalui layar sentuh di depannya.

Iklan tersebut tidak beresonansi dengan baik dengan pengguna Twitter, mendorong Saudia untuk menggantinya dengan iklan yang menunjukkan penumpang Asia Timur yang dikejutkan oleh pramugari saat dia mencoba untuk tertidur. Khaby membantu pria tersebut dengan mengaktifkan fungsi “Jangan ganggu” dari Beyond.

Di iklan lain, Khaby mengajari orang Arab Saudi, yang tampak kebingungan, cara memesan makanan di pesawat melalui layar di depan kursi penumpang itu.

Wartawan yang berbasis di Riyadh Samar Al-Mogren termasuk di antara mereka yang menggunakan Twitter untuk menyuarakan rasa frustrasi mereka. Dia menulis: "Saudia salah menggambarkan warga negara Saudi sebagai 'tidak kompeten' dan orang asing 'mahir!' Apakah kita akan pernah pulih dari citra diri buruk yang tidak realistis ini?"

Pengguna Twitter Rakan juga terkejut melihat maskapai penerbangan nasional itu menggambarkan orang asing yang mengajari seorang Saudi cara menggunakan teknologi dalam penerbangan Saudia, menambahkan bahwa peran tersebut seharusnya dibalik.

Konsultan pemasaran digital yang berbasis di Yerusalem Ahmad Barakat menulis: “Bayangkan sebuah perusahaan berpisah dengan sejumlah besar uang untuk membuat iklan hanya untuk menghapusnya setelah beberapa saat! Inilah yang terjadi dengan Saudia ketika membagikan iklan video yang menunjukkan Khaby mengajari seorang pria Saudi tentang fitur baru di pesawat.”

Tetapi akademisi komunikasi Saudi Tarek Al-Ahmari memiliki pendapat berbeda tentang iklan tersebut. Meskipun dia setuju bahwa menggambarkan orang Saudi sebagai orang yang buta teknologi adalah salah, dia berpendapat bahwa “komedi adalah salah satu jenis konten media yang paling sensitif, terutama ketika digunakan oleh lembaga pemerintah atau sektor swasta karena sangat dekat dengan sindiran dan penerima dapat menafsirkannya dalam berbagai cara yang tidak dapat diprediksi.”

Dia juga menyoroti bahwa jika digunakan dengan benar, penggunaan pakaian tradisional Saudi adalah ide yang bagus, dan musik melengkapi konten terkait perjalanan.

Al-Ahmari mengatakan bahwa jika peran Khaby dan penumpang Saudi dibalik, iklan tersebut akan berhasil.

Khaby adalah salah satu pembuat konten paling populer di platform video TikTok. Dia memiliki basis pengikut lebih dari 159,5 juta, dan pada tahun 2022, Forbes mendaftarkannya sebagai Kreator Teratas, yang paling banyak diikuti di dunia.(arabnews)

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan