sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Libur panjang Imlek, akan ada tes acak Covid-19 pengguna jalan

Tes cepat (rapid test) berbasis antigen ataupun menggunakan GeNose akan dilakukan di terminal hingga rest area jalan tol se-Pulau Jawa.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 09 Feb 2021 20:05 WIB
Libur panjang Imlek, akan ada tes acak Covid-19 pengguna jalan

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengantisipasi libur panjang yang akan terjadi pada akhir pekan ini dengan meninjau sejumlah lokasi. Tujuannya, mengecek kesiapan antisipasi penumpukkan penumpang.

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, menuturkan, pihaknya akan menggelar tes cepat (rapid test) berbasis antigen secara acak (random) di tempat rehat (rest area) jalan tol se-Pulau Jawa. Kebijakan tersebut untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Antisipasi libur panjang ini, kita sudah lakukan antisipasi, yaitu kita lakukan random test di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (9/2).

Jelang libur panjang, dia mengecek Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Saat sidak, Istiono menyampaikan, penerapan protokol kesehatan (prokes) harus benar-benar diterapkan guna mencegah penularan Covid-19 saat libur panjang Imlek.

Sponsored

“Kita lihat sama-sama GeNose, rapid secara random diberikan kepada penumpang. Nah, aturan SE 03 khusus untuk Bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di Jawa sifatnya random. Kemudian untuk umum dan pribadi juga random,” ujarnya. 

Menurutnya, kesiapan Terminal Pulogebang dalam menghadapi libur panjang Imlek sudah baik. Dia berharap, angka Covid-19 bisa ditekan.

"Kami juga mengantisipasi arus lalu lintas saat libur panjang nanti," ucapnya.

Berita Lainnya