sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

1 Muharam, Jokowi ajak umat Islam berhijrah

Presiden Jokowi mengajak tinggalkan perilaku individualistik.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Kamis, 20 Agst 2020 11:39 WIB
1 Muharam, Jokowi ajak umat Islam berhijrah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, menyambut Tahun Baru Islam 1442 H atau 1 Muharam untuk berhijrah menghindari perilaku individualistik.

"Mari, kita sambut tahun baru Islam ini dengan kembali menegaskan tekad untuk berhijrah. Dari perilaku individualistik ke peduli sesama. Dari sifat malas ke karakter pekerja keras. Dari mudah marah ke manusia yang penyabar," ucap Presiden Jokowi via akun media sosialnya, Kamis (20/8).

Kepala Negara juga mengajak masyarakat untuk menanggalkan pesimisme dan melangkah penuh optimisme. "Dengan rida Allah Yang Maha Kuasa, ujian dan tantangan ini akan dapat kita lalui bersama," ucapnya. 

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi juga mengajak umat Islam untuk manfaatkan momentum 1 Muharam untuk teguhkan persatuan menuju Indonesia maju.

Sponsored

“Dalam kehidupan nyata, hijrah bisa bermakna perpindahan dari kemungkaran kepada ketakwaan, dari keterbelakangan kepada kemajuan, dari yang mudarat kepada yang manfaat, dan juga dari peradaban jahiliyah ke peradaban yang bermartabat,” kata Menag, kemarin.

Hijrah, jelas Menag, bermakna berpindah dari keadaan yang tidak atau kurang baik menuju keadaan yang lebih baik. “Di tengah pandemi, tetap terapkan protokol kesehatan. Sambut tahun baru dengan kesederhaan dan penuh rasa syukur. Tetap jaga jarak, gunakan masker, dan rajin cuci tangan,” tutupnya.

Berita Lainnya