logo alinea.id logo alinea.id

18 Saksi diperiksa terkait kebakaran 34 kapal nelayan di Muara Baru

Pihak yang diperiksa antara lain anak buah kapal, orang yang sedang mengelas, dan pemilik kapal. Juga termasuk staf kantor Syahbandar.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Senin, 25 Feb 2019 15:18 WIB
18 Saksi diperiksa terkait kebakaran 34 kapal nelayan di Muara Baru

Sebanyak 18 saksi diperiksa polisi terkait kebakaran yang menghanguskan 34 kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu, (23/2). Beberapa pihak yang diperiksa oleh polisi antara lain anak buah kapal, orang yang melakukan pengelasan, dan pemilik kapal. Juga termasuk staf kantor Syahbandar.

“Berkaitan kebakaran kapal di Muara Baru, sampai saat ini penyidik Polres Pelabuhan Tanjung Priok sudah melakukan pemeriksaan terhadap 18 saksi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Jakarta pada Senin, (25/2).

Terkait kasus tersebut, kata Argo, petugas Inafis dari Pusat Laboratorium (Puslabfor) Mabes Polri telah turun ke lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan. 

Hasil pengecekan dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi itu, kata Argo, diharap bisa mendukung hasil penyelidikan guna melihat adanya kemungkinan unsur kelalaian dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun, Argo memastikan polisi belum menetapkan tersangka. 

Lebih lanjut, Argo mengatakan, pihaknya pun telah berupaya menguras air di lokasi kebakaran. Namun, hingga kini belum juga kering. Argo menjelaskan, pengeringan tersebut mesti dilakukan agar penyidik bisa melihat awal mula atau penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Nantinya, bisa terungkap awal mula munculnya percikan api yang membuat fatal hingga menghanguskan puluhan kapal nelayan itu.

"Kemarin upaya dikuras tapi airnya tidak kering-kering. Jadi, hari ini kapal diangkat dinaikkan di dok, sehingga air bisa terkuras habis,” ujar Argo.

“Jadi, kalau kering dari Labfor Mabes Polri bisa melihat awal mula munculnya percikan api, menurut keterangan saksi itu.”

Meski begitu, Argo tak menampik sejumlah fakta yang menyebut adanya kemungkinan api berasal dari pengelasan yang dilakukan di Kapal Artamina Jaya saat itu. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan karena menunggu hasil pemeriksaan Puslabfor Mabes Polri.

Sponsored

Sebelumnya diberitakan, ada 34 kapal nelayan terbakar dalam peristiwa kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara tersebut. Api diketahui berkobar sejak Sabtu (23/2) malam hingga Minggu (24/2) dinihari.

“Rinciannya terdiri atas tujuh kapal di luar kolam dan 27 kapal di dalam kolam. Jadi, total keseluruhan ada 34 kapal yang terbakar," kata Argo.