sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

3322 ASN Pemprov Banten bekerja di rumah

Kebijakan ini menyusul penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah coronavirus atau Covid-19 di Banten.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Selasa, 17 Mar 2020 11:28 WIB
3322 ASN Pemprov Banten bekerja di rumah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

3.322 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten diperkenankan bekerja di rumah selama dua pekan. Kebijakan ini menyusul penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah coronavirus atau Covid-19 di Banten.

"Kami sudah menyiapkan konsepnya menindaklanjuti pidato Presiden dan surat edaran Menpan RB tentang bekerja di rumah, bukan libur," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten Komarudin, Selasa (17/3).

Total keseluruhan ASN di lingkungan Pemprov Banten sekitar 9.800. Terbagi menjadi tiga kelompok yakni, ASN yang berprofesi sebagai guru sebanyak 5.905, ASN dibidang pelayanan 1.156 dan terakhir sebanyak 3.322 di antaranya merupakan kelompok jabatan nonpelayanan.

"Kelompok nonpelayanan inilah yang rencananya bekerja dari rumah,” tutur Komarudin.

Meski demikian, ASN yang bekerja di bidang layanan publik seperti Samsat, Rumah Sakit, Perpustakaan, Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) dan Dinas Perhubungan diwajibkan tetap bekerja di kantor.

Sementara, kelompok guru ASN atau non ASN tetap masuk ke sekolah untuk memberikan pelajaran secara online atau dari jarak jauh kepada siswa.

"Yang bekerja di pelayanan itu tetap berjalan," katanya.

Kelompok ASN dibidang administrasi yang dapat bekerja dari rumah akan terpantau melalui Sistem Informasi Kinerja Aparatur Pemerintah (SIKAP). Aplikasi tersebut dinilai bisa memantau setiap kinerja ASN yang bekerja di rumah.

Sponsored

"Kami sudah punya aplikasi penilaian kerja sistem informasi kinerja ASN. Walau kerja di rumah, bisa pantau. Bisa diarahkan. Bisa dikendalikan kinerja masing-masing," katanya.

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Minggu, 02 Agst 2020 16:26 WIB
Berita Lainnya