logo alinea.id logo alinea.id

Polisi usut teror ke Amien Rais dan Anies Baswedan

Polisi meminta pihak yang diancam dalam video untuk melapor.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Jumat, 26 Jul 2019 11:10 WIB
Polisi usut teror ke Amien Rais dan Anies Baswedan

Bareskrim Mabes Polri akan mendalami ancaman pembunuhan yang dilontarkan seorang pria terhadap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Ancaman pembunuhan disampaikan lewat video.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan Direktorat Siber Bareskrim Polri akan mendalami dugaan pelanggaran pidana terlebih dahulu dalam video tersebut. Hingga saat ini polisi belum mengetahui identitas pria dalam video tersebut.

“Saya serahkan kasus tersebut ke Direktorat Siber Bareskrim Mabes Polri, akan dipelajari terlebih dahulu,” kata jenderal bintang satu itu seperti dikutip dari Tribratanews.polri.go.id pada Jumat (26/07).

Sementara itu, Kasubdit II Siber Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Rickynaldo Chairul, mengatakan Bareskrim Polri telah menerima video seorang pria yang mengancam akan membunuh sejumlah tokoh, salah satunya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Untuk menyelidiki lebih lanjut video berisi ancaman pembunuhan tersebut, kata Rickynaldo, sebaiknya pihak yang diancam, termasuk Anies, melapor ke kepolisian. “Harus ada laporannya (dari Anies),” kata Kombes Rickynaldo. 

Diberitakan sebelumnya, sebuah video berdurasi empat menit viral di media sosial lantaran berisi ancaman pembunuhan terhadap sejumlah tokoh nasional. Dalam video itu seorang pria awalnya berbicara mengkritik kinerja Gubernur DKI Anies Baswedan yang dinilai tidak memiliki prestasi selama memimpin Jakarta. 

Pria itu juga menuding mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut telah menyalahkan mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas keluarnya izin mendirikan bangunan (IMB) untuk pulau reklamasi di Teluk Jakarta.

“Sayang lu ada hukumnya. Kalau enggak ada hukum, lu, deretan orang-orang yang akan gue bunuh, lu, Rizieq Shihab, Amien Rais, termasuk lu (Anies Baswedan),” kata pria dalam video tersebut.

Sponsored