logo alinea.id logo alinea.id

Anies Baswedan ingin perayaan cap go meh jadi daya tarik wisata

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan Cap Go Meh 2019 di kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat.

Annisa Rahmawati
Annisa Rahmawati Selasa, 19 Feb 2019 22:44 WIB
Anies Baswedan ingin perayaan cap go meh jadi daya tarik wisata

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan Cap Go Meh 2019 di kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat. Ia juga mengingatkan perayaan cap go meh tersebut sebagai salah satu penanda pentingnya persatuan di Jakarta.

Menurut Anies, kawasan kampung pecinan tersebut dapat menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kebudayaan tionghoa, sehingga dapat menggaet turis lokal maupun mancanegara ke Jakarta. 

Dia menuturkan kawasan Petak Sembilan, Kota Tua, dan sekitarnya bisa menjadi paket wisata bagi turis yang datang. "Saya berterima kasih kepada masyarakat Petak Sembilan, karena telah menjaga tradisi dan mengembangkan kebudayaan. Sehingga tempat ini menjadi tempat perkembangan ekonomi dan pertumbuhan kebudayaan," ujar Anies di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat (19/2).

Sebagai tempat lalu lintas budaya, Anies mengakui kawasan Petak Sembilan ini memiliki sejarah panjang dalam posisinya sebagai tuan rumah lintas suku bangsa, baik itu nusantara maupun global. 

Anies berharap budaya masyarakat tionghoa di Jakarta tidak hanya dilestarikan, tetapi juga berkembang. 

"Jika cuma dilestarikan, maka akan menjadi museum. Namun, jika dikembangkan, maka akan ada terus untuk generasi masa depan," kata dia.

Ia mencatat sudah lima tahun berturut- turut datang saat perayaan imlek, dan menurutnya ini tahun kedua ia mengahdiri festival pecinan yang sebelumnya di dampingi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sementara sekarang Anies datang sendiri.

Sponsored