sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies-Riza tak sejalan soal normalisasi Ciliwung?

Aktivis kecewa pada Wagub DKI soal percepatan proyek normalisasi Ciliwung.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 06 Jul 2020 16:19 WIB
Anies-Riza tak sejalan soal normalisasi Ciliwung?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Koalisi Pemulihan Kali Ciliwung menyayangkan sikap Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, soal percepatan proyek normalisasi Kali Ciliwung. Mereka menilai Riza tidak memahami persoalan Ciliwung secara utuh. 

Aktivis Ciliwung Institute Sudirman mengatakan, arahan Wagub DKI untuk meneruskan proyek normalisasi kawasan hulu Jakarta sarat dengan muatan politik.

Pasalnya, lanjut dia, Riza sempat menyebut normalisasi merupakan janji politik Presiden Jokowi kepada DKI Jakarta.  

"Sangat politis, ketimbang iktikad baik menyelesaikan solusi banjir Jakarta. Dalam pernyataan Wagub berulang-ulang lebih dari lima kali menyebutkan nama Presiden Jokowi dan utang janji politiknya (pilpres) terhadap Jakarta," kata Sudirman dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/7). 

"Kesan tergesa-gesa harus dirampungkan sebelum sisa masa jabatan Presiden terlihat bahwa hak-hak warga untuk menerima pembayaran pembebasan lahan bisa diabaikan," imbuhnya.

Dia heran dan mempertanyakan sikap Wagub DKI tersebut. Pasalnya, Gubenur DKI Anies Baswedan justru anti dan tidak sepakat dengan konsep normalisasi.

"Saya mempertanyakan posisi sebenarnya Riza Patria adalah wakilnya Jokowi atau wakilnya Gubernur Anies yang jelas mengusung solusi naturalisasi sungai," katanya. 

Sudirman menilai, langkah Gubernur Anies dalam mengusung naturaliasi sungai sudah tepat untuk mengantisipasi banjir. Terutama di kawasan hilir sehingga tidak bertambah parah.  

Sponsored

"Biar nggak semakin parah, semakin tenggelam karena ruang sungai kawasan hulu selatan Jakarta semakin sempit disesaki bangunan beton normalisasi sungai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.” ujarnya. 

Diketahui, pada Senin (29/6) Wakil Gubenur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau dua titik lokasi Kali Ciliwung, yaitu di Tanjung Barat dan Pejaten Timur.

Kedatangan Riza tersebut dilakukan guna memastikan program pencegahan dan penanganan banjir Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR berjalan baik. 

“Kami yakin diperiode kedua ini sebagai Presiden, Pak Jokowi akan fokus mengatasi banjir seperti apa yang beliau sampaikan dulu. Kami juga ingin memastikan keinginan dari Pak Presiden agar Jakarta bebas banjir di masa beliau menjadi Presiden bisa terwujud,” ujar Wagub Riza Patria, Senin (29/6).

Berita Lainnya