sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Terobosan Anies saat Idul Adha, bagikan daging khas hotel berbintang

Anies Baswedan mengaku telah menggandeng chef dari beberapa hotel berbintang.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 10 Agst 2019 22:05 WIB
Terobosan Anies saat Idul Adha, bagikan daging khas hotel berbintang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membuat terobosan baru pada perayaan hari raya Idul Adha 2019. Anies bakal membagikan daging kurban tidak lagi dengan kondisi mentah, melainkan sudah diolah. Anies mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa chef hotel berbintang untuk mengolah daging kurban tersebut.

“Pertama tahun ini kita akan kerja sama untuk menyiapkan daging kurban bukan dibagikan sebagai daging mentah kepada mereka yang berhak, tetapi dibagikan sebagai makanan siap saji yang dimasak oleh para chef hotel berbintang,” kata Anies di Jakarta pada Sabtu, (10/8). 

Anies melanjutkan, telah ada beberapa hotel berbintang yang chef-nya akan membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengolah daging kurban. Dengan demikian, kata Anies, yang nanti akan dinikmati masyarakat adalah makanan-makanan berkelas hotel berbintang. 

"Harapannya makanan-makanan ini juga bisa jangka panjang, karena itu kita kerja sama dengan asosiasi keamanan makanan," ujar Anies.

Pengolahan daging kurban ini, lanjut Anies, adalah bentuk trobosan untuk membuat hasil kurban tidak harus habis dalam waktu hitungan jam. 

Anies menjelaskan, cara ini dipilih karena ketika daging kurban dikirim mentah ke tempat-tempat yang tidak memiliki pendingin atau lemari es, maka potensi daging akan mengalami kerusakan sangat tinggi. Karena itu, dengan cara diolah, makanan tersebut diharapkan bisa bertahan cukup panjang, apalagi jika nanti akan dimasukkan ke dalam kemasan kaleng yang usianya bisa lebih panjang.

"Ini adalah inovasi yang kita lakukan untuk membuat idul kurban besok dirasakan manfaatnya lebih panjang dan merata," tutunya. 

Anies pun mengakui hal ini tidak bisa dikerjakan pemerintah daerah sendiri. Pemda, kata Anies, melakukan kerja sama dengan rumah zakat Aksi Cepat Tanggap dan beberapa hotel seperti Hotel Borobudur, Hotel Darmawangsa, Hotel Santika, dan Hotel Aston untuk menyiapkan chef. 

Sponsored

Bagi Anies, pengolahan daging kurban dengan cara demikian pada tahun ini menjadi awal untuk kemudian diterapkan di tahun-tahun selanjutnya. Anies mengatakan, akan mengundang lebih banyak lagi hotel-hotel berbintang untuk mengolah daging kurban pada tahun depan. 

"Ayo sumbangkan tenaga anda untuk makanan yang enak itu, bukan hanya dinikmati mereka yang sudah secara sosial ekonomi tinggi. Tapi izinkan mereka yang secara sosial ekonomi rendah merasakan kelas hotel berbintang," tutur Anies.