sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Liga Indonesia kembali bergulir, APPI minta klub terima pertandingan tanpa penonton

Kesehatan hal utama yang tidak bisa ditawar dalam setiap pertandingan.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Minggu, 21 Jun 2020 13:59 WIB
Liga Indonesia kembali bergulir, APPI minta klub terima pertandingan tanpa penonton
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Klub sepak bola diminta memahami jika pertandingan Liga 1 dan Liga 2 diselenggarakan tanpa penonton. General Manajer Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman menilai, kesehatan merupakan hal utama yang tidak bisa ditawar dalam setiap pertandingan.

"Jadi, pertimbangan utama dari kelanjutan liga ini, biar bagaimana pun, tetap adalah kesehatan dan keselamatan. Kalau memang harus dilakukan tanpa penonton sekalipun, itu keputusan yang harus diambil" ujar Ponaryo, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (21/6).

Mantan pemain Persija itu meminta, klub dapat beradaptasi dalam bergulirnya liga di tengah pandemi ini. "Memang, pati akan ada dampak secara bisnis dan ekonomi terhadap tim yang bertanding. Tetapi, memang itu syarat yang tak bisa ditawar," ujar dia.

Protokol kesehatan utama yang perlu diperhatikan pemain, yakni menjaga jarak. Ponaryo menyarankan, para pemain tidak saling bersentuhan dalam setiap laga, misalnya membantu pemain yang sedang terjatuh. "Dibiarkan saja, bukan tidak fair play atau enggak peduli terhadap teman atau lawan, tetapi memang itu yang harus dijalani. Kemudian, selebrasi tidak bisa berangkulan, tidak bisa berpelukan, tetap harus jaga jarak," papar Ponaryo.

Sponsored

"Memang banyak penyesuaian. Mau tidak mau harus saling mengingatkan mau itu lawan, mau itu kawan, sama-sama mengingatkan berangkulan pun, tidak dianjurkan untuk sekarang," tambahnya.

Untuk diketahui, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan bergulir kembali. Rencananya, ajang sepakbola bergengsi Tanah Air itu akan dilaksanakan menjelang akhir tahun ini.

"Direncanakan, untuk kelanjutan liga dari federasi memang, pelaksanaan waktunya mungkin bulan September atau Oktober. Tetapi, mungkin latihannya sebelum itu, kemungkinan Agustus," ujar Ponaryo.

Berita Lainnya