sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bio Farma perkirakan vaksin Merah Putih diproduksi kuartal III-2022

Tantangan dalam proses pelaksanaan uji klinis vaksin Merah Putih yakni mencari relawan yang belum divaksin. 

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 29 Mar 2021 17:10 WIB
Bio Farma perkirakan vaksin Merah Putih diproduksi kuartal III-2022

Direktur Utama (Dirut) PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir memperkirakan, pihaknya akan memproduksi vaksin Merah Putih pada kuartal III-2022. Proses produksi, kata dia, dapat dilakukan setelah menggelar tahapan uji klinis.

"Diperkirakan nanti kalau seandainya semua berjalan dengah lancar, kemungkinan produksi vaksin Merah Putih bisa kita lakukan di kuartal III-2022," kata Honesti saat rapat bersama Komisi VI DPR RI, yang disiarkan secara virtual, Senin (29/3).

Honesti menjelaskan, proses uji klinis dapat dilakukan setelah pihak Lembaga Eijkman, LIPI, dan sejunlah perguruan tinggi yang terlibat dalam penelitian vaksin menyerahkan seed vaksin Merah Putih pada Bio Farma.

"Proses apa yang akan dilakukan oleh Bio farma? Setelah seed vaksin itu diberikan oleh Bio Farma, Bio Farma akan segera melakukan proses uji klinis. Uji klinis ini ada, satu predical trial, biasanya dilakukan ke mamalia. Setelah itu kita lakukan uji klinis tahap 1, tahap 2, dan tahap 3," terang dia.

Honesti menilai, tantangan dalam proses pelaksanaan uji klinis vaksin Merah Putih yakni mencari relawan yang belum divaksin. Pasalnya, dia memperkirakan sebagian besar rakyat Indonesia telah divaksin saat proses uji klinis dilakukan.

"Nah, untuk solusi ini ada rencana kami untuk melakukannya multicenter, kita kerja sama dengan berapa negara-negara tetangga yang mereka masih kekurangan dari sisi suply vaksin, jadi kita lakukan uji klini multicenter bareng dengan mereka," katanya.

Sebagai informasi, vaksin Merah Putih merupakan salah satu calon produk vaksin buatan anak bangsa, selain vaksin Nusantara.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito, menyebutkan, produksi vaksin Merah Putih akan siap pada kuartal III 2022.

Sponsored
Berita Lainnya

Penampakan Redmi K50 terkuak

Selasa, 27 Jul 2021 11:14 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB