close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
ilustrasi. foto Pixabay
icon caption
ilustrasi. foto Pixabay
Nasional
Minggu, 09 Oktober 2022 07:07

BMKG prediksi potensi cuaca ekstrem masih berlanjut

Gelombang tinggi, BMKG menyebutkan akan terjadi di wilayah perairan Indonesia pada tanggal 8 hingga 14 Oktober 2022.
swipe

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memperpanjang prediksi peningkatan potensi cuaca ekstrim di beberapa wilayah Indonesia selama sepekan ke depan.

Sebelumnya cuaca ekstrem diprediksi terjadi untuk periode 2 hingga 8 Oktober 2022, kini BMKG memperpanjang periode cuaca ekstrem untuk tanggal 9 hingga 15 Oktober 2022.

"Cuaca ekstrem untuk periode 9-15 Oktober 2022 diprediksi berupa potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," jelas Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (9/10).

Dwikorita menyebutkan, wilayah yang akan terdampak potensi curah hujan antara lain di Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Untuk wilayah di Pulau Jawa di antaranya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Kemudian ada Bali, Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Kalimantan diprediksi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimanta Utara, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Berikutnya diprediksi terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Dwikorita juga menyampaikan untuk periode tiga hari (8-10 Oktober 2022) berdasarkan Prakiraan Berbasis Dampak, maka wilayah yang berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga yang perlu diwaspadai yaitu sebagian wilayah Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

Lebih lanjut, untuk prediksi adanya potensi gelombang tinggi, BMKG menyebutkan akan terjadi di wilayah perairan Indonesia pada tanggal 8 hingga 14 Oktober 2022 dengan ketinggian gelombang 2,5 hingga 4 meter.

Wilayah perairan tersebut di antaranya Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat P. Simeulue hingga Kep. Mentawai, Perairan P. Enggano hingga Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Timur, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, Selat Sumba bagian Barat, Perairan Selatan Bali hingga P. Sumba, Samudra Hindia Selatan Banten hingga P. Sumba, dan Laut Natuna. 

img
Erlinda Puspita Wardani
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan