sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cara merawat mesin mobil matic lebih berkualitas dan jangka panjang!

Jika Anda menggunakan matic perhatikan perawatannya. Pelajari terlebih dahulu bagaimana cara merawat mesin mobil matic dengan benar.

Tim copywriter
Tim copywriter Kamis, 15 Sep 2022 09:15 WIB
Cara merawat mesin mobil matic lebih berkualitas dan jangka panjang!

Jika Anda sedang menggunakan mesin matic perhatikan perawatannya untuk penggunaan jangka panjang. Pelajari terlebih dahulu bagaimana cara merawat mesin mobil matic dengan benar.

Mulai dari ganti aki, service bulanan, dan mengenal komponen pada kendaraan tersebut. Pasalnya semakin kita merawat mesin maka akan mendapatkan ketahanan yang lebih baik dalam penggunaan jangka panjang.

Maka dari itu, akan lebih baik kita memperhatikan bagaimana penggunaan atau perawatannya yang tepat tersebut. Maka dari itulah akan lebih baik jika kita membahasnya secara lebih jauh lagi berikut ini secara lebih lengkapnya.

Sehingga paling tidak  kita bisa mendapatkan kualitas yang lebih lama dalam penggunaan mobil tersebut. Jadi simak langsung saja untuk bisa membuktikan keamanannya tersebut.

Cara merawat mesin mobil matic untuk lebih berkualitas

Kita tahu pasti bukan bahwa mesin jenis matic biasanya memiliki perawatan khusus yang sedikit berbeda daripada jenis mesin lainnya. Sebagai tindakan preventif sebelum terjadi kerusakan lain yang bisa berakibat fatal akan lebih baik ikuti beberapa langkah berikut ini untuk membantu Anda mendapatkan kondisi yang baik pada mobil matic tersebut.

Kami akan memberikan tips yang bisa dilakukan bahkan untuk pengguna baru yang masih beradaptasi menggunakan mobil. Jadi langsung saja simak selengkapnya khusus untuk Anda berikut ini.

Rutin memanaskan mobil

Sponsored

Pertama kami sarankan Anda untuk melakukan perawatan rutin dengan memanaskan mobil tersebut. Biasanya menggunakan mobil yang tidak rutin setiap hari akan membuat mesin beristirahat terlalu lama. Nantinya lama-kelamaan akan membuatnya kagok dan berakhir tidak dalam kondisi prima, ketika kita ingin menggunakannya.

Usahakan untuk selalu memanaskan kendaraan tersebut setiap hari secara rutin. Paling tidak kita bisa menggunakan waktu memanaskan secara rutin sekitar 10 sampai 15 menit saja untuk membuat mesin tetap bekerja. Nantinya secara otomatis akan membuat komponen dalamnya tetap berputar dan bekerja seperti ketika digunakan untuk berkendara.

Tindakan seperti ini terkesan sepele namun pada dasarnya cukup penting sekali dilakukan. Maka dari itu, usahakan untuk rutin melakukan hal seperti ini sehingga kendaraan Anda tersebut selalu dalam kondisi yang selalu baik. Banyak kasus orang yang memiliki banyak kendaraan lupa untuk secara rutin melakukan perawatan yang satu ini.

Padahal tentu saja hal ini sangat penting sekali dilakukan dengan rutin. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk bisa memastikan selalu memanaskannya dengan baik setiap hari dengan rutin.

Melakukan perawatan pada aki mobil 

Selanjutnya cara merawat mesin mobil matic yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan pengecekan pada bagian akinya tersebut. Komponen pada mobil yang satu ini cukup penting dalam memberikan pengaruh komponen lainnya untuk terus bekerja dengan baik. Oleh karena itulah, akan lebih baik sebelum terjadi kerusakan kita selalu memastikan saja kondisi aki tersebut.

Biasanya pada jenis mobil tertentu memiliki beberapa pilihan penggunaan aki berbeda-beda. Sehingga akan lebih baik jika menggunakannya dan tetap mengetahui cara perawatan yang tepat. Tindakan seperti ini tentu saja akan memperpanjang ketahanan aki tersebut dan tidak membuat boros, dan tidak gonta-ganti komponennya tersebut.

Alangkah baiknya jika Anda tetap perhatikan juga bahwa jenis aki kering dan basah memiliki perawatan berbeda. Bahkan untuk durasi penggunanya juga tidak bisa disamakan tentu saja. Usahakan jika kita mengetahui cara perawatan yang tepat dan tidak membuatnya mudah mengalami kerusakan yang bisa berakibat lebih buruk.

Mengganti oli dengan rutin secara berkala

Lalu ada lagi cara merawat mesin mobil matic yang cukup sederhana namun disepelekan banyak orang. Mengganti oli dengan rutin menjadi salah satu langkah yang penting dan mudah sekali. Maka dari itu, perhatikan bahwa kita bisa mulai secara rutin memperhatikan tanggal pergantian dari mobil tersebut.

Pada mobil yang berjenis matic biasanya memiliki waktu pergantian paling tidak sejauh 10.000 km. Nah, jadwal pergantian seperti ini perlu diperhatikan sehingga tidak akan membuat mesin mudah rusak tentu saja. Biasanya ketika menggunakan jadwal yang tepat maka akan membuat kondisi lebih prima seperti biasanya.

Perhatikan penggunaan perseneling

Ada hal yang penting yang menjadi bagian cara merawat mesin mobil matic, yaitu memperhatikan bagaimana ketika menggunakan gas secara mendadak atau seputar itu. Maka dari itu, pastikan jika menggunakan jenis mobil matic tetap memperhatikan perpindahan seperti ini.

Bahkan banyak yang beranggapan kita hanya bermain gas dan rem saja. Padahal pada dasarnya tidak hanya seperti itu, kita tetap harus berhati-hati untuk menggunakannya. Perhatikan bahwa ketika berkendara dalam medan tertentu kita bisa membuatnya rusak apabila sembarangan dalam menggunakan komponen keamanan tersebut.

Nah, maka dari itu pastikan memilih tempat melakukan servis yang tepat dan terpercaya. Kami sarankan pastikan untuk mengecek ke www.otoklix.com yang tersedia dengan mudah. Nah, cara merawat mesin mobil matic ini bisa menjadi bekal sebelum melakukan perawatan dengan rutin untuk kendaraan tetap prima.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid