sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cegah B117, Satgas Covid-19 minta masyarakat patuhi prokes

Dampak penekanan laju penularan B.1.1.7 diyakini efektif bagi pertumbuhan imunitas yang diperoleh dari vaksin Covid-19.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 04 Mar 2021 19:18 WIB
Cegah B117, Satgas Covid-19 minta masyarakat patuhi prokes
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Satgas Penanganan Covid-19 meyakini, sikap proaktif masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) merupakan upaya menekan laju penularan mutasi baru Covid-19 Inggris atau B.1.1.7.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menerangkan, dampak penekanan laju penularan B.1.1.7 akan efektif bagi pertumbuhuan imunitas yang didapat dari vaksin Covid-19.

"Untuk itu, kita harus proaktif melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita dengan cara tidak lakukan mobilitas yang tidak perlu sehingga penularan bisa dicegah dengan baik, sehingga mutasi pun bisa dicegah untuk terjadi," ujarnya saat telekonferensi, Kamis (4/3).

Wiku menegaskan, sikap siaga dalam menghadapi B.1.1.7 merupakan ikhtiar untuk menghambat persebaran virus. Pasalnya, tingkat infeksi varian tersebut lebih tinggi dan meningkatkan peluang lebih banyak varian SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, yang dihasilkan.

Sponsored

"Seberapa pun kuatnya varian yang akan muncul di masa yang akan datang, jika kita tidak memberikan virus tersebut masuk ke dalam tubuh kita, maka virus tersebut tidak akan membahayakan," jelasnya.

"Maka, tugas kita bersama-sama ialah memutus mata rantai penularan di komunitas dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah kasus baru. Melakukan 3T (testing, tracing, treatment) untuk mencegah meluasnya penularan dan mengikuti vaksinasi untuk memumbuhkan imunitas tambahan secara spesifik di komunitas," tandas Wiku.

Berita Lainnya