logo alinea.id logo alinea.id

Di Masjid Istiqlal, Jokowi kurban sapi limosin 1,7 ton

Mewakili Jokowi, Menpan RB dan Menteri ATR/Kepala BPN, menyerahkan hewan kurban kepada panitia di Masjid Istiqlal.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Minggu, 11 Agst 2019 10:40 WIB
Di Masjid Istiqlal, Jokowi kurban sapi limosin 1,7 ton

Pada perayaan Iduladha 1440 H, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban seekor sapi di Masjid Istiqlal, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Sapi itu berjenis limosin dengan berat 1,7 ton.

Secara simbolis, sapi tersebut diserahkan oleh Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil.

"Saya berdua dengan Pak Sofyan Djalil hari ini diamanahkan oleh bapak presiden untuk menyerahkan hewan kurban beliau," kata Syafruddin usai melangsungkan salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Minggu (11/8).

Menurut Syafruddin, sapi limosin ini merupakan bibit yang paling besar di Indonesia.

Selain menyerahkan sapi kurban milik Presiden Jokowi, kedua menteri tersebut juga secara simbolis menyerahkan kurban sapi dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sapi kurban milik JK berbobot 1,2 ton.

Presiden Jokowi sendiri menunaikan ibadah salat Iduladha di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor. Sementara JK melaksanakan salat Iduladha di kampung halamannya, Makkasar.

"Mereka tahun ini tidak di Istiqlal. Kami diamanahkan penyerahan simbolis sekaligus memberikan pesan," ujar Syafruddin.

Syafruddin menambahkan, baik Jokowi dan JK berpesan, agar Iduladha kali ini menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk memperdalam semangat ukhuwah islamiah, ukhuwah wathoniah dan ukhuwah insaniah. Presiden dan wapres pun berharap Indonesia bisa lebih maju dan dihargai oleh bangsa lain.

Sponsored

Berdasarkan pantauan Alinea.id, penyembelihan kurban di Masjid Istiqlal dimulai pukul 09.30 WIB. Pemotongan dimulai dari sapi milik Presiden Jokowi dan diteruskan oleh sapi milik JK.

Butuh belasan penjagal saat menyembelih hewan kurban milik Jokowi dan JK. 

Antusiasme warga

Sejak subuh, ribuan warga telah memadati Masjid Istiqlal untuk menjalankan salat Iduladha 1440 H. Salah satunya Muhaimin (32), yang bahkan mengaku tiba sejak pukul 04.00 WIB.

Warga Tanah Abang, Jakarta Pusat, itu mengaku sengaja datang bersama istri dan kedua anaknya lebih awal untuk melangsungkan salat subuh lebih dulu. Alasan lainnya mereka datang lebih pagi adalah agar dapat saf di dalam masjid.

"Tadi sengaja dari rumah setengah empat. Kami (keluarga) sudah janjian memang, biar dapat saf. Mau lihat Ustaz Yusuf juga," kata Muhaimin kepada Alinea.id di Masjid Istiqlal.

Kehadiran Muhaimin sejak subuh nyatanya tidak sia-sia. Dia dan keluarga mendapat saf di dalam masjid. Tidak hanya itu, Muhaimin yang datang menggunakan kendaraan roda empat juga kebagian parkir di pelataran masjid.

Salat Iduladha di Masjid Istiqlal dimulai pukul 07.00 WIB. Salat diimami oleh Ustaz Ahmad Husni Ismail dengan Ustaz Yusuf Mansur bertindak sebagai khatib.

Pada Iduladha tahun ini, Masjid Istiqlal menerima 43 hewan kurban. Jumlah tersebut meliputi 23 sapi dan 20 kambing, termasuk sapi milik Presiden Jokowi dan Wapres JK.