sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gubernur DKI periode 1992-1997 Soerjadi Soedirja tutup usia

"Mohon dimaafkan segala kesalahan dan khilafnya," ucap istri Soerjadi Soedirdja, Sri Soemarsih.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 03 Agst 2021 12:33 WIB
Gubernur DKI periode 1992-1997 Soerjadi Soedirja tutup usia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan kabar duka telah berpulang ke rahmatullah, Bapak Soerjadi Soedirja bin Ahmad Soedirja pada Selasa (3/8) pukul 10.35 WIB. Soerjadi Soedirdja merupakan Gubernur DKI periode 1992-1997.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun…Kita doakan, husnul khatimah, dilapangkan kuburnya, dilipatgandakan semua pahala, dan amal kebaikannya. Dan keluarga diberikan kekuatan, ketabahan," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8).

Ia pun meminta, kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan keluarganya mengadakan doa untuk Almarhum Soerjadi Soedirdja. Bagi mereka yang beragama Islam, kata dia, diharapkan selenggarakan salat ghaib setelah Dzuhur siang ini. 

Sementara itu, istri Soerjadi Soedirdja, Sri Soemarsih membenarkan kabar duka suaminya. Soerjadi Soedirdja meninggal dunia pada Selasa (3/8) di RS. Mayapada Jakarta. Soerjadi Soedirdja disebut meninggal dunia akibat sakit. "Mohon dimaafkan segala kesalahan dan khilaf," ucapnya.

Sponsored

Diketahui, Soerjadi Soedirdja merupakan tokoh milter sekaligus politikus yang lahir pada 11 Oktober 1939 di Batavia, kini Jakarta. Saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, Soerjadi Soedirdja membangun rumah susun, menciptakan kawasan hijau, dan memperbanyak daerah resapan air. 

Namun, hingga saat ini, proyek kereta api bawah tanah (subway) dan jalan susun tiga (triple decker) yang diwacanakannya belum terwujud.  Di sisi lain, Soerjadi Soedirja telah membebaskan jalan-jalan ibukota dari Jakarta yang telah dimulai sejak gubernur sebelumnya, Wigojo Atmodarminto.

Berita Lainnya