sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

HUT TNI, Jokowi: Pegang teguh amanat Sapta Marga

Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-75.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Senin, 05 Okt 2020 11:11 WIB
HUT TNI, Jokowi: Pegang teguh amanat Sapta Marga
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi serta para prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin upacara peringatan HUT ke-75 TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10) pagi.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari ulang tahun TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia,” tutur Jokowi.

Presiden mendorong TNI  untuk terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiapsiagaan untuk menerima tugas-tugas selanjutnya.

"Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadikanlah sinergi sebagai kekuatan membangun negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju,” ucapnya.

TNI, sambung Jokowi, merupakan penjaga utama kedaulatan negara, penjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan NKRI.

“Kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui OMP (Operasi Militer untuk Perang) tetapi juga melalui OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini,” ujar Presiden melansir setkab.go.id.

Turut hadir dalam peringatan upacara HUT TNI tersebut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sementara prajurit TNI dari markas besar masing-masing angkatan, juga jajaran Kodam, Komando Armada Angkatan Laut, dan Komando Operasi Angkatan Udara di seluruh Indonesia, mengikuti upacara tersebut secara virtual.

Sponsored

Presiden, dalam kesempatan itu, memberikan anugerah tanda kehormatan kepada tiga prajurit TNI berprestasi, yaitu Kolonel Infantri Sri Widodo (Bintang Kartika Eka Paksi Nararya), Kapten Marinir Suryo Hadil Umam (Bintang Jalasena Nararya), dan Pembantu Letnan Satu Sobirin (Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya).

Berita Lainnya