sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jadi Menpan RB, Syafruddin siap lanjutkan program Asman

“Apa yang sudah dilaksanakan Pak Asman akan dilanjutkan karena programnya cukup baik."

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Rabu, 15 Agst 2018 15:22 WIB
Jadi Menpan RB, Syafruddin siap lanjutkan program Asman

Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Syafruddin menyatakan tidak akan menafikan program-program Asman Abnur, setelah resmi menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Syafruddin menjalani pelantikan di Istana Negara untuk kemudian melakukan serah terima jabatan dengan Asman di Kantor Kemenpan RB, Rabu (15/8).

“Apa yang sudah dilaksanakan Pak Asman akan dilanjutkan karena programnya cukup baik,” ujar MenPAN RB, Komjen Syafruddin, usai Sertijab di Kantor Kemenpan RB di Jakarta, Rabu (15/8).

Menurutnya, Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkannya untuk tetap melanjutkan program-program yang telah dirintis Asman.

Asman pun berharap agar Syafruddin dapat meningkatkan pencapaian-pencapaian Kemenpan RB selama ini. Menurutnya, hal ini penting untuk menjawab aspirasi masyarakat dan tantangan global, yang menuntut birokrasi yang makin responsif dan melayani.

“Saya berharap capaian-capaian Kementerian PANRB dapat dilanjutkan dan terus ditingkatkan,” kata Asman.

Menurutnya, Kemenpan RB telah melakukan berbagai terobosan untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan. Ada empat program besar yang telah dijalankan, yaitu peningkatan efektivitas dan efisiensi birokrasi, mewujudkan kelembagaan pemerintahan yang efektif dan efisien, pembangunan SMART ASN dalam rangka mewujudkan World Class Government, dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Dia juga mengklaim terjadi kemajuan dalam program penguatan reformasi birokrasi. Hal ini terjadi dengan adanya pembangunan Zona Integritas, mendorong unit kerja mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) makin menjadi gerakan masif di berbagai instansi dan daerah khususnya di instansi penegakan hukum seperti Kejaksaan, Kepolisian, Pengadilan dan Lembaga Pemasyarakatan. 

Asman juga mengatakan, Kemenpan RB di bawah kepemimpinannya telah melakukan berbagai langkah perbaikan dalam hal reformasi sumber daya aparatur negara. Langkah-langkah tersebut, dilakukan demi mewujudkan rekrutmen aparatur sipil negara yang makin kredibel, transparan dan akuntabel setelah selama empat tahun dilakukan moratorium. 

Sponsored

“Saat ini, penerimaan CPNS dengan sistem online sudah bebas dari KKN,” sebut Asman. 

Berita Lainnya