logo alinea.id logo alinea.id

Jalur Puncak dari Cipanas ditutup

Kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur menuju Puncak, Cisarua mengalami peningkatan tajam sejak pagi hingga sore hari ini (7/6).

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Jumat, 07 Jun 2019 18:43 WIB
Jalur Puncak dari Cipanas ditutup

Kepolisian Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat, menutup jalan dari Cianjur menuju Puncak, Cipanas untuk menghindari macet total di kawasan tersebut. Polisi juga memberlakukan sistem satu arah (one way) untuk mengurai antrean kendaraan.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cianjur Ipda Jaelani menyatakan kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur mengalami peningkatan tajam sejak pagi hingga sore. Akibatnya, antrean kendaraan terus mengular terutama di beberapa titik menuju tempat wisata, hotel dan rumah makan.

Bahkan antrean kendaraan yang terus memanjang menyebabkan ekor antrean mencapai puluhan kilometer dan berdampak hingga perempatan Tugu Lampu Gentur, Cianjur.

"Dikarenakan arus di Cipanas-Puncak sudah tidak memadai maka kendaraan yang hendak menuju Puncak-Cipanas, Bogor dan Jakarta dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, guna menghindari macet total," kata Jaelani di Cianjur, Jumat (7/6).

Jaelani mengungkapkan penutupan jalur tersebut sifatnya situasional. Jalur ini akan kembali dibuka setelah antrian mencair karena dibarengi dengan pemberlakuan satu arah menuju Bogor dan seterusnya.

Menurut dia, jalur utama Puncak-Cipanas, mengalami kepadatan di beberapa titik persimpangan seperti di Pasar Cipanas, Pertigaan Green Hill, Pertigaan Cibodas, Hanjawar dan Pacet. 

"Agar arus kendaraan di jalur tersebut kembali normal, saat ini jajaran Polres Cianjur tengah berusaha mengurai volume kendaraan di jalur tersebut dengan mengarahkan pengguna jalan untuk melintas di jalur alternatif yang ada," katanya.

Sementara, hingga menjelang malam, volume kendaraan dari arah Sukabumi dan Bandung menuju Cianjur atau sebaliknya terus mengalami peningkatan. Namun tidak terjadi kemacetan yang mengular. Sehari sebelumnya petugas juga memberlakukan rekayasa arus menuju Bandung karena terjadi antrean panjang sejak pagi hingga sore hari. (Ant)

Sponsored