sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

JK sebut Azyumardi Azra meninggalkan banyak jasa

"Begitu banyak jasa beliau kepada kita semua, kepada umat, kepada bangsa."

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Minggu, 18 Sep 2022 21:26 WIB
JK sebut Azyumardi Azra meninggalkan banyak jasa

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) turut berdukacita atas berpulangnya Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra. Menurutnya, mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah itu meninggalkan banyak jasa.

"Begitu banyak jasa beliau kepada kita semua, kepada umat, kepada bangsa," ucapnya dalam pesan videonya, Minggu (18/9).

Menurut politikus Partai Golkar ini, kontribusi Azyumardi bagi tecermin dari gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) dari Kerajaan Inggris. Dia pun menjadi orang Indonesia pertama yang menyandang status "Sir".

"Di internasional, dia mungkin satu-satunya warga negara yang mendapat gelar Lord atau Sir di Indonesia dan juga memiliki keilmuan yang sangat dihormati di kalangan intelektual di dunia ini," tuturnya.

Sponsored

Lebih jauh, JK menerangkan, Azyumardi pernah membantunya saat di pemerintahan. Kala menjabat wakil presiden selama 10 tahun, Azyumardi ditugaskan sebagai deputi politik dan staf khusus.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini pun berdoa, semoga arwah Azyumardi diterima di sisi Tuhan. "Ditempatkan di tempat yang tinggi di sisi Allah Swt."

Azyumardi Azra yang mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang Selangor, Malaysia, pada pukul 12.30 tadi waktu setempat. Setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9), almarhum akhirnya wafat akibat serangan jantung kala kunjungan kerja ke negeri jiran.

Berita Lainnya
×
tekid