sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi harap bibit tanaman Rumpin miliki fungsi ekologis

Presiden Jokowi tinjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin, Bogor.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Jumat, 27 Nov 2020 15:12 WIB
Jokowi harap bibit tanaman Rumpin miliki fungsi ekologis
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Presiden Joko Widodo berharap bibit tanaman yang diproduksi Pusat Sumber Benih dan Persemaian di Kecamatan Rumpin, Bogor Jawa Barat, memiliki fungsi ekologis dengan didistribusikan ke lokasi atau wilayah yang sering mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

Jokowi juga berharap agar pusat perbenihan tersebut juga akan ditanami bibit tanaman yang memiliki fungsi ekonomi.

“Tadi saya berpesan untuk pembibitan di Rumpin, Bogor, ini agar ditanam tanaman-tanaman yang punya fungsi ekologi maupun fungsi ekonomi. Karena ke depan kita ingin mengembangkan green economy,” kata Jokowi saat meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin, Jumat (27/11).

Pusat Sumber Benih dan Persemaian, kata Presiden, merupakan lokasi pembibitan dipersiapkan pemerintah.

"Kita harapkan nanti tahun depan, 2021, sudah selesai dan sudah berproduksi. Dari sini akan bisa diproduksi kurang lebih 16 juta bibit,” lanjutnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, pusat perbenihan tersebut nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 159,58 hektare, terdiri atas zona perbenihan, zona kelola masyarakat, zona diklat, dan zona koridor pengembangan usaha.

“Kita sudah merencanakan akan kita kerjakan kurang lebih 630 ribu hektare mangrove sehingga itu juga butuh lokasi pembibitan yang juga akan kita siapkan,” katanya melansir setkab.go.id.

Ke depan, pembangunan di areal tersebut akan menjadi permulaan dan percontohan bagi pengembangan serupa yang akan dilakukan di sejumlah lokasi lain seperti Danau Toba (Sumatera Utara), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara). Hal itu belum termasuk pembangunan lokasi pembibitan yang diperuntukkan bagi perbaikan hutan mangrove.

Sponsored
Berita Lainnya