sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi: Semua negara sedang mengalami kemunduran akibat Covid-19

Jokowi mengajak, semua pihak agar membajak momentum krisis Covid-19 dengan melakukan sejumlah lompatan besar.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Jumat, 14 Agst 2020 14:38 WIB
Jokowi: Semua negara sedang mengalami kemunduran akibat Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Pandemi Covid-19 berdampak buruk terhadap perekonomian global. Termasuk, negara maju ikut terimbas resesi setelah pertumbuhan ekonomi minus pada dua kuartal berturut-turut. 

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggapnya sebagai peluang dan momentum. Dia mengklaim, semua negara sedang mengalami kemunduran karena dampak Covid-19.

Krisis ekonomi akibat Covid-19, kata dia, terparah dalam sejarah umat manusia. Pada kuartal I, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih 2,97%. Sayangnya, pada kuartal II pertumbuhan ekonomi Indonesia telah minus 5,32%.

"Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini, sedang macet. Harus melakukan restart, harus melakukan rebooting, dan semua negara memiliki kesempatan mensetting ulang semua sistemnya," kata Jokowi, dalam pidato kenegaraan pada sidang tahunan MPR dan DPR, Jumat (14/8).

Sponsored

Jokowi mengajak, semua pihak agar membajak momentum krisis Covid-19 ini dengan melakukan sejumlah lompatan besar. "Saatnya, kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar," ucapnya.

Dia mengaku, optimistis Indonesia telah menjadi upper middle income country. Ia berharap, dalam 25 tahun ke depan atau persis usia satu abad, Indonesia bisa menjadi negara maju. 

"Ini saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan, dan pendidikan," tandas Jokowi.

Berita Lainnya