sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KAI Daop 1 operasikan 13 kereta tambahan

13 kereta api tambahan dengan tujuan Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Cilacap, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Minggu, 16 Agst 2020 12:31 WIB
KAI Daop 1 operasikan 13 kereta tambahan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menambah 13 rangkaian kereta untuk mengantisipasi peningkatan penumpang pada libur HUT RI ke-75.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengungkapkan, terdapat 13 kereta api tambahan yang akan dioperasikan dengan berbagai tujuan, antara lain Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Cilacap, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang mulai akhir pekan ini hingga 31 Agustus 2020.

"Bertambahnya perjalanan kereta api, maka total terdapat 28 kereta api beroperasi di wilayah Daop 1 Jakarta pada Agustus 2020. Yaitu, 15 kereta api keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 13 keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat" kata Eva, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (16/8).

Eva menjelaskan, pemesanan tiket hanya dapat dilakukan melalui sistem online dan baru dapat dipesan paling cepat tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan. "Pemesanan online dapat melalui Aplikasi KAI Access, website kai.id dan channel eksternal yang telah bekerjasama. Sedangkan loket stasiun hanya melayani tiket go show yang dilayani tiga jam sebelum jadwal keberangkatan," jelasnya.

Sponsored

Eva menuturkan, beroperasinya kereta api pada masa adaptasi kebiasaan baru akan dilakukan dengan tetap memperhatikan prosedur pencegahan Covid-19, salah satunya dengan pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70% dari kondisi normal.

Selain itu, dia menyebut calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan. Di antaranya, menunjukkan surat bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan), calon penumpang dalam kondisi sehat, dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

"Mereka juga wajib mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan didalam rangkaian kereta api," ujarnya.

Berita Lainnya

Penampakan Redmi K50 terkuak

Selasa, 27 Jul 2021 11:14 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB