sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Masyarakat Wamena mulai kembali beraktivitas

Kegiatan belajar dan mengajar telah dimulai, dan para pedagang di pasar sudah kembali berjualan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 07 Okt 2019 10:57 WIB
Masyarakat Wamena mulai kembali beraktivitas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Polda Papua melaporkan situasi keamanan terkini di Wamena. Wamena telah kembali kondusif, dan masyarakat telah menjalankan aktivitas seperti biasa.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, dirinya telah memastikan kondisi Wamena yang kondusif, usai meninjau langsung kondisi masyarakat.

Kapolda meninjau sekolah, tempat pengungsian dan pasar di Ilagma, Wamena pada pagi ini Senin (7/10).

“Sekolah sudah beberapa yang melayani, namun belum maksimal muridnya. Guru-guru juga sudah kembali normal. Tidak ada lagi rasa takut dan khawatir dalam pikiran dan perasaan,” kata Paulus dalam keterangan resminya, Senin (7/10).

Aktivitas ekonomi di Wamena juga sudah berlangsung. Para pedagang telah menjajakan dagangannya, tanpa rasa takut di pasar.

Selanjutnya dalam proses pemulihan Wamena, Paulus akan menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak. Pertemuan guna membahas pemulihan kondisi di Papua pascakerusuhan.

“Siang ini akan bertemu dengan beberapa tokoh, Bupati, Kapolres, Dandim untuk membahas langkah-langkah selanjutnya,” tutur Paulus.

Seperti diketahui kerusuhan di Wamena bermula dari aksi unjuk rasa yang dilakukan siswa dari berbagai sekolah sejak 23 September 2019 lalu. Aksi demonstrasi berujung rusuh hingga terjadi pembakaran rumah warga, kantor pemerintah, PLN, dan sejumlah kios milik masyarakat.

Sponsored

Unjuk rasa dipicu oleh kabar yang menyebar di media sosial, yang menyebut adanya ujaran rasial seorang guru pada siswanya. Namun menurut aparat kepolisian, informasi tersebut merupakan kabar bohong alias hoaks. 

Berita Lainnya