sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kejagung persiapkan tim untuk masuk dalam Satgas BLBI

Kejaksaan Agung belum dapat menyebutkan berapa personel yang akan dilibatkan dalam satgas penagihan itu.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 14 Apr 2021 15:54 WIB
Kejagung persiapkan tim untuk masuk dalam Satgas BLBI

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengaku tengah membentuk tim untuk masuk dalam satuan tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI).

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menuturkan, akan ada tim yang masuk dalam Satgas BLBI. Namun, dia tidak menyebut jumlah personel yang akan dilibatkan dalam satgas penagihan itu.

"Sedang mempersiapkan organisasi tim pelaksana melalui pokja antar K/L, serta mempersiapkan sistem kerja dalam rangka penanganan hak tagih negara dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia," ujar Leonard melalui pesan singkatnya, Rabu (14/4).

Itulah sebabnya Kejagung belum berkoordinasi dengan Polri yang juga tergabung dalam satgas itu. Dia bahkan belum dapat membeberkan kapan satgas mulai bekerja.

Sponsored

"Masih diatur di tingkat pusat," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI pada Selasa (6/4). Di dalam Keppres tersebut, Presiden Jokowi menugaskan lima menteri, Jaksa Agung, dan Kapolri untuk melakukan penagihan dan memproses semua jaminan agar segera menjadi aset negara.

Satgas itu dibentuk setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeluarkan SP3 kasus mega korupsi BLBI. Sementara, pemerintah memastikan pengembalian aset tetap dilakukan melalui pembentukan satgas.

Berita Lainnya