sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenkes klaim vaksin Covid-19 bisa tangkal varian B117

Indonesia menggunakan 6 jenis vaksin untuk menangani pandemi Covid-19.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Kamis, 04 Mar 2021 17:15 WIB
Kemenkes klaim vaksin Covid-19 bisa tangkal varian B117
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan semua jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia, baik oleh pemerintah maupun swasta, efektif menangkap mutasi baru SARS-CoV-2 asal Inggris, varian B.1.1.7. Dalihnya, sesuai temuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Sesuai informasi dari WHO, belum ada cukup bukti bahwa vaksin sudah tidak efektif untuk mutasi baru. Jadi, sampai saat ini, vaksin yang ada masih bisa melawan virus Covid-19, termasuk varian mutasinya,” ujar Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, kepada Alinea, Kamis (4/3).

Ada 6 jenis vaksin Covid-19 yang bakal dipakai di Indonesia. Produksi Sinovac, AstraZeneca, Novavac, dan Pfizer-BioNTech oleh pemerintah serta swasta akan menggunakan Moderna dan Sinopharm.

Kemenkes sebelumnya mengonfirmasi adanya dua kasus varian baru Covid-19 dari Inggris di Indonesia. Penemuan tersebut terdeteksi pada Senin (1/3) malam.

"Satu tahun yang lalu, kami menemukan kasus 01 dan 02 Covid-19. Tadi malam, saya mendapatkan informasi, bahwa tepat satu tahun, hari ini, kami menemukan mutasi B.1.1.7, UK mutation, di Indonesia," ucap Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, dalam telekonferensi, Selasa (2/3).

"Ini fresh from the oven. Baru tadi malam ditemukan dua kasus," sambungnya.

Penemuan varian baru Covid-19 tersebut, menurutnya, merupakan peringatan, Indonesia akan menghadapi pandemi dengan tingkat kesulitan yang semakin berat. Dengan demikian, pengembangan riset dan inovasi penanganan harus semakin cepat dan studi epidemiologi perlu ditingkatkan.

"Jadi, 462 (sampel) yang sudah kami cek di seluruh nusantara dalam beberapa bulan ini, kami sudah temukan dua kasus tadi malam," tutur Dante.

Sponsored
Berita Lainnya