logo alinea.id logo alinea.id

Kondisi kesehatan Habibie menunjukkan kemajuan

Dibanding tadi pagi, kondisi Habibie saat sore menunjukkan kemajuan. Ia merespons dengan gerakan-gerakan.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Selasa, 10 Sep 2019 20:09 WIB
Kondisi kesehatan Habibie menunjukkan kemajuan

Sejak dirawat di Rumah Sakit Pemerintah Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada Minggu (1/9), kondisi kesehatan Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie masih lemah. Meski begitu, menurut pihak keluarga dan sejumlah tokoh yang membesuk pada Selasa sore (10/9), kondisi fisik Habibie perlahan mulai menunjukkan kemajuan.

Salah seorang yang membesuk ialah Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Republik Indonesia, Hamam Riza. Ia yang keluar melalui Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, mengatakan  kondisi Habibie tampak memperlihatkan progres.

"Prof Habibie tidur, tapi ada gerakan-gerakan. Keluarga yang mendampingi juga mengatakan, meski lemah, Habibie menunjukkan respons yang cukup baik dibandingkan kondisinya pagi tadi,” kata Hamam saat ditemui di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. 

Di mata Hamam, sosok Habibie selaku pendiri BPPT kerap menanamkan semangat kemajuan teknologi industri bagi Indonesia. "Pak Habibie yang melahirkan BPPT. Kami, anak-anak dan cucu-cucu Pak Habibie, membawa ruh beliau sebagai Bapak Teknologi Indonesia yang mengawali BPPT dan industri teknologi Indonesia," tuturnya.

Hamam menyebut cita-cita Habibie yang ingin mengembangkan industri strategis di Indonesia melalui teknologi sudah terwujud. Karena itu, kata dia, upaya tersebut harus selalu digenjot sebagaimana saran yang pernah disampaikan Habibie. Terlebih pada saat ini yang memasuki era industri 4.0.

"Beliau selalu mendorong semangat pengembangan teknologi industri kepada anak-anak dan cucu-cucu Habibie, juga dalam memajukan pendidikan dan teknologi di Indonesia," kata Hamam. 

Sementara itu, mantan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh yang juga membesuk pada sore tadi mengatakan Habibie tampak merespons ucapan dari orang-orang di sekitarnya. Menurutnya, kondisi Habibie semakin membaik.

"Kami surprise (terkejut). Beliau (Habibie) merespons dengan mata terbuka dan kepala mantuk-mantuk (mengangguk). Saya sempat mencium kening beliau untuk memberikan doa kepada beliau. Kita doakan kepada beliau, semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kesembuhan yang terbaik untuk beliau," ucap Nuh.

Sponsored

Saat menjenguk bersama mantan menteri pendidikan Abdul Malik Fadjar, Nuh mengungkapkan, dia melihat gestur Habibie yang merespons perkataan Ilham Akbar Habibie. Selain itu, terlihat di monitor kamar perawatan mengenai kemajuan kondisi kesehatan Habibie.

"Begitu Mas Ilham membisikkan ke beliau dengan bahasa Jerman, tidak lama beliau membuka mata," ujar Nuh. "Progresnya sangat positif. Saya terharu melihat beliau, karena beliau adalah guru bagi kita semua."

Sejumlah tokoh lain terlihat datang menjenguk ke bagian Cerebro Intensive Care Unit (CICU) RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat tempat Habibie dirawat. Mereka di antaranya adalah Adrie Subono dan Aburizal Bakrie.

Tampak pula pengamanan dari sejumlah anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menjaga keamanan di jalur masuk pengunjung. Terlihat sejumlah bingkisan disertai ucapan doa bagi Habibie, salah satunya pemberian dari Surya Paloh.