sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Libur Nataru, ratusan ribu wisatawan kunjungi TMII

Jumlah wisatawan di TMII dari Sabtu (15/12) hingga Senin (24/12) sudah mencapai 253.450 orang.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 25 Des 2018 19:04 WIB
Libur Nataru, ratusan ribu wisatawan kunjungi TMII

Sejumlah tempat wisata di Jakarta dan Bogor kebanjiran wisatawan pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini. Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur misalnya.

Ketua Panitia Pekan Desember Natal dan Tahun Baru TMII Diono mengatakan, jumlah wisatawan dari Sabtu (15/12) hingga Senin (24/12) sudah mencapai 253.450 orang.

"Para wisatawan datang dari berbagai kota, tidak hanya dari Jakarta. Namun, validasi wisatawan asing belum bisa akurat ada berapa jumlahnya. Mayoritas wisatawan domestik," kata Diono saat dihubungi Alinea.id, Selasa (25/12).

Diono mengungkapkan, manajemen TMII menargetkan 450 ribu pengunjung akan datang saat libur Nataru ke TMII.

"Tahun lalu kami targetnya 400 ribu pengunjung dan alhamdulilah tercapai. Sementara tahun ini, mulai 15 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019 kami targetkan 450 pengunjung," jelasnya.

Dirinya mengaku optimis, target pengunjung tahun ini dapat tercapai, karena panjangnya masa liburan Nataru 2019.

Dengan tema "TMII Wajah Budaya Indonesia 2019", legasi situs bikinan Tien Soeharto ini akan menyuguhkan beragam pertunjukan dan atraksi untuk menghibur pengunjung yang datang. Sebanyak delapan panggung didirikan di samping anjungan daerah dengan berbagai pentas budaya.

"Panggung itu akan diisi kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seperti lagu daerah, reog Ponogoro, sisingaan, dan musik dangdut," ujarnya. 

Sponsored

Sejumlah wahana juga akan menampilkan atraksi untuk menghibur pengunjung, seperti di Museum Komodo dan Taman Reptil. Di wahana itu, masyarakat bisa memancing buaya dengan alat yang sudah disiapkan dengan keamanan yang terjamin. 

"Feeding show juga ada di Taman Burung, nanti pengunjung bisa memberikan makan kepada burung berukuran besar seperti Pelikan dan Bangau Tongtong. Sementara di Museum Air Tawar mengunjung juga bisa menyaksikan parade ikan raksasa," kata Diono.

Selain itu, lanjut Diono, akan ada 6.422 tembakan kembang ap di Borneo Archipelago dengan kegiatan budaya 33 anjungan daerah.

"Kami harap para pengunjung bisa menjaga keamanan dan ketertiban agar semua menikmati liburan," ungkap Diono.

Demi mengantisipasi banyaknya pengunjung yang datang ke TMII, pihaknya juga telah menyediakan 120 pemandu wisata dan 24 titik parkir yang akan tersebar di komplek TMII.

"Fasilitas parkir lain juga tersedia di 33 anjungan, jadi itu belum termasuk lokasi parkir yang ditambah sebanyak 24 titik," ujarnya. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Polda, Polres, Polsek Pospol, dan Kodim setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Adapun untuk harga tiket, jelas Sudiono, yaitu Rp25.000/orang, Rp10.000/mobil, Rp6.000 /sepeda motor dan Rp35.000/bus.

“Namun saat 31 Desember, tiket per orangan naik menjadi Rp35.000, berlaku dari pukul 07.00 hingga 24.00,” tandasnya.

Berita Lainnya