sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Libur panjang, 50% tiket KA terjual di tanggal favorit

KAI mengoperasikan rata-rata 87 KA jarak jauh per hari.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 26 Okt 2020 12:31 WIB
Libur panjang, 50% tiket KA terjual di tanggal favorit
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat hingga Minggu (25/10) kemarin, sudah 83 ribu atau 37% tiket terjual untuk periode keberangkatan 27 Oktober-1 November 2020, jelang libur dan cuti bersama pada akhir Oktober ini.

"Sampai dengan 25 Oktober, sudah 83 ribu tiket yang terjual untuk periode 27 Oktober sampai dengan 1 November 2020," kata Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Senin (26/10).

Sejauh ini, ada tiga tanggal favorit berdasarkan jumlah tiket terjual untuk keberangkatan mencapai 50% dari kuota yang tersedia, yaitu 27 Oktober, 28 Oktober dan 1 November.

"Di mana pada tanggal tersebut tiket yang terjual sudah mencapai 50% dari kapasitas yang disediakan. Jumlah tersebut akan terus bertambah dikarenakan penjualan tiket masih berlangsung," ungkapnya.

Pada libur menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober ini, KAI mengoperasikan rata-rata 87 KA Jarak Jauh per hari ke berbagai tujuan, atau meningkat 16% dari pekan sebelumnya yang hanya rerata 75 KA per hari.

Karenanya, Joni mengimbau, pelanggan yang ingin melakukan rapid test di Stasiun KA agar melakukannya selambatnya H-1 tanggal keberangkatan.

"Menjelang libur long weekend kali ini terjadi kenaikan dua kali lipat jumlah peserta rapid test di stasiun, di mana biasanya 2.500 peserta perhari kini mencapai 5 ribu peserta per hari," papar Joni.

Dia menuturkan, jika dilakukan pada hari keberangkatan, pelanggan akan terburu-buru lantaran diharuskan antre terlebih dahulu. Bahkan, calon penumpang bisa terlambat dan tertinggal KA.

Sponsored

"Dengan mempersiapkan kelengkapan berkas dari jauh-jauh hari, maka pelanggan dapat lebih tenang dan nyaman pada saat hari keberangkatan," pungkas Joni.

Berita Lainnya