sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mahfud: Kita perlu negara islami seperti Jepang

Yang dituju Indonesia adalah negara islami, bukan negara Islam.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Sabtu, 25 Jan 2020 23:43 WIB
Mahfud: Kita perlu negara islami seperti Jepang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut kita tidak diperbolehkan meniru negara seperti pada zaman Nabi Muhammad SAW.

"Kita dilarang mendirikan negara seperti yang didirikan nabi karena negara yang didirikan nabi merupakan negara teokrasi di mana nabi mempunyai tiga kekuasaan sekaligus," ujar Mahfud dalam diskusi "Harapan Baru Dunia Islam: Meneguhkan Hubungan Indonesia-Malaysia" di Gedung PBNU, Jakarta, Sabtu (25/1).

Menurut Mahfud, bukan menjadi negara Islam yang dituju Indonesia, melainkan menjadi negara Islami atau negara yang menerapkan nilai-nilai ajaran Islam.

"Kita tidak perlu negara Islam, tetapi perlu negara islami. Seperti New Zealand negara Islami, Jepang Islami," ujarnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menegaskan, bentuk negara Indonesia yang republik dengan sistem pemerintahan presidensial maupun Malaysia yang kerajaan dengan sistem pemerintahan parlementer, tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Menurutnya, Indonesia dan Malaysia sama-sama ingin membangun masyarakat dan negara yang Islami, bukan negara teokrasi Islam.

Sementara Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu yang turut hadir dalam diskusi itu menilai sejumlah negara dengan mayoritas umat Islam justru tertinggal karena hanya membaca Quran dan sunah, tetapi tidak menjalankannya.

Sabu meyakini apabila Malaysia serta Indonesia yang memiliki umat Islam yang besar dapat melawan korupsi, kebangkitan Islam akan berpindah ke timur.

Sponsored

"Islam akan diangkat oleh Indonesia dan Malaysia," pungkasnya. (Ant)

Berita Lainnya