sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mahfudz Siddiq: Semakin cepat pemerintah putuskan soal kenaikan harga BBM, semakin bagus

Pemerintah perlu mengangkat perspektif historis untuk memproyeksikan kebijakan negara ke depannya, mengenai isu BBM, harga, dan subsidinya.

Yohanes Robert
Yohanes Robert Jumat, 02 Sep 2022 20:57 WIB
Mahfudz Siddiq:  Semakin cepat pemerintah putuskan soal kenaikan harga BBM, semakin bagus

Menanggapi wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) baru-baru ini, Politikus dari fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS), Mahfudz Siddiq mengatakan, keputusan yang tepat dan cepat dari pemerintah sangat penting dalam konteks kehidupan bernegara.

“Semakin cepat pemerintah mengambil keputusan, maka akan semakin bagus juga bagi masyarakat Indonesia,” kata Mahfudz dalam rapat daring Moya Institute, Jumat (2/9).

Menurut Mahfudz, kebijakan negara terkait dengan BBM subsidi, terlihat seperti masalah yang selalu berulang karena selalu muncul setiap tahun, dan setiap rezim pemerintahan.

“Pada 2008 lalu, saya sudah pernah menyampaikan pemikiran tentang kebijakan negara terkait BBM dan subsidinya. Hal ini menunjukkan kalau masalah tersebut memang selalu berulang dan tidak ada cut off-nya,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Mahfudz merasa pemerintah perlu mengangkat perspektif historis untuk memproyeksikan kebijakan negara ke depannya, mengenai isu BBM, harga, dan subsidinya.

Dalam pemaparannya, dia memberi peringatan mengenai cadangan BBM dunia yang semakin kecil dan menurun produksinya. Namun, dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat, Mahfudz memastikan bahwa konsumsi akan terus mengalami peningkatan.

“Semakin disparitas ini membesar, maka subsidi akan terus menjadi persoalan. Terlebih, ketika negara tidak lagi memiliki daya dukung fiskal yang cukup untuk menanggung beban subsidi,” tambah Mahfudz.

Merespon pemaparan dari Mahfudz, Direktur Eksekutif Moya Institute, Heri Sucipto, turut menyampaikan rasa prihatinnya terhadap krisis energi global saat ini. Menurut Heri, ada dua dampak serius yang perlu diperhatikan oleh pemerintah Indonesia.

Sponsored

“Pertama, ada perang Rusia-Ukraina yang membuat jaring pasok logistik Indonesia tersendat. Kedua, yang paling serius dan tidak terhindarkan adalah krisis energi yang harus diantisipasi lebih awal,” tutur Heri.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid