sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hadiri forum internasional, Menko Muhadjir ajak tokoh dan diaspora Madiun bangun daerah

Pemkot Madiun juga disarankan membentuk aglomerasi Madiun Raya bersama daerah-daerah sekitarnya agar pembangunan terlaksana beriringan.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Minggu, 30 Apr 2023 20:19 WIB
Hadiri forum internasional, Menko Muhadjir ajak tokoh dan diaspora Madiun bangun daerah

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, merespons positif kegiatan Madiun City International Meeting di Balai Kota Madiun, Sabtu (29/4). Para tokoh setempat pun diharapkan saling bersinergi dalam membangun daerah.

"Saya percaya bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui kegiatan ini telah secara proaktif menjadi pusat pembangunan peradaban, keilmuan, keterampilan sosial, dan karakter lulusan SDM (sumber daya manusia) yang mampu merespons perubahan saat ini," tuturnya dalam keterangannya, Minggu (30/4). 

Menko Muhadjir berpendapat, Kota Madiun tidak hanya berkembang secara sendiri, tetapi bersama daerah-daerah sekitarnya dapat membentuk aglomerasi Madiun Raya. Jika itu terjadi, maka pembangunan dapat dilakukan secara bersama-sama, termasuk bisa menjadi destinasi wisata, lantaran memiliki efek generatif.

"Karena itu, Kota Madiun ini dapat menjadi semacam mercusuar yang kemudian ketertarikan wisatawan yang berkunjung dapat ikut menumbuhkan daerah sekitarnya," ucapnya. 

Sponsored

Madiun City International Meeting turut dihadiri Wali Kota Madiun, H. Maidi; eks Panglima TNI, Marsekal (Purn.) Djoko Suyanto; Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen Totok Imam Santoso;, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Soekarwo; serta warga paguyuban dan ratusan diaspora luar negeri asal Madiun. 

Terlaksananya kegiatan ini turut melibatkan pihak terkait dalam negeri juga WNI yang berada di luar negeri atau diaspora serta paguyuban-paguyuban masyarakat guna memberikan saran pembangunan demi kemajuan daerah. Tujuannya, memastikan rencana pembangunan yang disusun memenuhi kebutuhan dan harapan publik dan terlaksana secara efektif dan efisien dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada.

Selain Madiun City International Meeting, Pemkot Madiun juga menyiapkan serangkaian acara. Misalnya, Festival Pecel Pincuk, Ngaji Syawalan, Aksi Cah Mediunan, pagelaran wayang kulit, dan hiburan budaya lainnya.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid