sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pekan depan, Sukabumi berlakukan PSBB

Sukabumi sudah memenuhi kriteria untuk menerapkan PSBB.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Rabu, 29 Apr 2020 19:53 WIB
Pekan depan, Sukabumi berlakukan PSBB
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 80094
Dirawat 37247
Meninggal 3797
Sembuh 39050

Sukabumi berlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai pekan depan Rabu, (6/5). Kebijakan tersebut, diterapkan secara serentak di seluruh kota untuk memutus penyebaran virus SARS-CoV-2.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil melalui video conference. Akhirnya, diputuskan untuk melakukan PSBB pada pekan depan," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, di Sukabumi, Rabu (29/4).

Penerapan PSBB di Kota Sukabumi, menurut dia, ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara Pemkot Sukabumi dan Pemprov Jabar. Apalagi, sudah memenuhi unsur untuk menerapkan program pembatasan sosial ini.

Langkah penerapan PSBB ini, bertujuan untuk memutus mata rantai risiko penyebaran Covid-19. Sementara itu, untuk mekanisme dan persiapan peraturannya masih menunggu instruksi dari Pemprov Jabar, karena diberlakukan di seluruh daerah di tanah Sunda ini.

Fahmi menjelaskan, dalam waktu dekat akan keluar petunjuk pelaksanaan dan teknisnya, sesuai arahan dari provinsi serta pihaknya segera melakukan sosialisasi PSBB kepada seluruh warga. 

"Dengan adanya PSBB ini, kami berharap masyarakat, bisa mematuhi demi keselamatan dan kemaslahatan seluruh warga Kota Sukabumi, untuk terhindar dari penularan Covid-19," jelas dia.

Di sisi lain, Fahmi menyayangkan, sebagian warga Kota Sukabumi yang tidak mentaati anjuran dari pemerintah terkait upaya pencegahan virus mematikan ini. Seperti, masih banyak yang bandel tidak menggunakan masker saat berkendaraan atau berada di luar rumah.

Kemudian, masih senang berkumpul dan mendekati keramaian atau tidak mengindahkan imbauan untuk jaga jarak, sehingga berisiko terjadi penyebaran virus yang bisa mengancam jiwa seseorang.

Sponsored

Diketahui data terbaru Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Kota Sukabumi, terhitung pada Rabu, (29/4) jumlah warga Kota Sukabumi yang terinfeksi positif mencapai 35 orang, delapan di antaranya sudah sembuh. Mereka yang tertular virus tersebut berasal dari berbagai kalangan masyarakat. (Ant)

Berita Lainnya