sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov DKI berencana menambah jumlah bike sharing

Penyediaan sepeda gratis agar menjadi moda transportasi alternatif.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 13 Jul 2020 18:34 WIB
Pemprov DKI berencana menambah jumlah bike sharing
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

Peminat bike sharing (sistem penyediaan sepeda di tempat umum yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh masyarakat) di Jakarta terus meningkat. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI, Syafrin Liputo mengklaim, penyewaan layanan sepeda gratis di sejumlah tempat publik banyak diminati masyakarat.

Menurut dia, Pemprov DKI berencana menambah jumlah sepeda dan titik sebaran di lokasi koridor angkutan umum di Jakarta. "Bike sharing, Alhamdulillah peminatnya cukup banyak," kata Syafrin di Jakarta, Senin (13/7).

Syafrin mengungkapkan, penyediaan sepeda gratis agar menjadi moda transportasi alternatif setelah menggunakan transportasi umum di ibu kota. "Tujuannya, ingin jadikan sepeda sebagai alat transportasi firstmile warga dalam aktivitas sehari-hari," ujar dia.

Syafrin menyebut, penyediaan sepeda gratis tersebut masih dalam tahap uji cob. Kata dia, sebulan ke depan pemprov telah menyediakan sebanyak 200 sepeda yang tersebar pada sembilan bike station di Jakarta. "Kami ingin perbanyak bike station ini di koridor-koridor angkutan umum massal," ungkapnya.

Sponsored

Diketahui, layanan penyewaan sepeda mulai diuji coba oleh Pemprov DKI, mulai Jumat (3/7). Jam operasional bike sharing dari pukul 06.00 hingga 18.00.

Adapun, sembilan titik lokasi sementara bike sharing, Stasiun MRT Bundaran HI, Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI Sisi Timur, Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI Sisi Barat, Depan Gedung Sinar Mas, Halte Bus Balaikota Sisi Selatan, Stasiun Tanah Abang, Wali Kota Jakarta Pusat atau Museum Prasasti, Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, dan Gedung Dinas Teknis Jatibaru.

Berita Lainnya