sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polisi segera terbitkan penetapan DPO untuk Veronica Koman

Penetapan DPO pada Veronica Koman lantaran ia tak pernah memenuhi panggilan pemeriksaan polisi.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 19 Sep 2019 15:12 WIB
Polisi segera terbitkan penetapan DPO untuk Veronica Koman
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 377.541
Dirawat 63.576
Meninggal 12.959
Sembuh 301.006

Penyidik Polda Jawa Timur segera memasukkan Veronica Koman dalam daftar pencarian orang (DPO). Menurut Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, langkah itu diambil lantaran Veronica Koman tak sekalipun mengindahkan panggilan pemeriksaan yang dilayangkan penyidik Polda Jawa Timur.

Penyidik sempat pula memberi waktu bagi Veronica untuk memenuhi panggilan penyidik. Namun hingga batas waktu berakhir pada Rabu (18/9) pukul 18.00 WIB, Veronica tak juga memenuhi panggilan polisi. 

"Kemungkinan Senin atau Selasa diterbitkan (penetapan DPO), karena sudah habis deadline," kata Barung saat dihubungi, Kamis (19/9).

Menurutnya, perintah penetapan DPO terhadap Veronica Koman berdasarkan instruksi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan. "Tidak (pernah memenuhi panggilan). Nanti Kapolda Jatim akan umumkan," ujar Barung.

Sponsored

Sebelumnya, Kapolda Luki Hermawan mengatakan pihaknya masih melakukan gelar perkara untuk menentukan penerbitan DPO. Setelah terbit, Polda Jatim akan mengeluarkan red notice yang akan diterbitkan di Prancis untuk disebar ke-190 negara anggota Interpol.

Veronica Koman ditetapkan sebagai tersangka pada 4 September 2019. Dia diduga telah menyebarkan berita bohong dan provokatif ihwal peristiwa pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Veronica Koman dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 160 Kitab Undang-undang Hukum Pidana, dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Berita Lainnya