sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rute lalu lintas hindari macet akibat laga Persija di GBK

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan jelang babak final Persija lawan Mitra Kukar di SUGBK.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Minggu, 09 Des 2018 14:34 WIB
Rute lalu lintas hindari macet akibat laga Persija di GBK
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 392.934
Dirawat 61.851
Meninggal 13.411
Sembuh 317.672

Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan jelang babak final Persija lawan Mitra Kukar.

Pertandingan Persija versus Mitra Kukar digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (9/12).

"Kekuatan yang dilibatkan sebanyak 653 personel, dibantu kekuatan dari fungsi lain," kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto lewat keterangan tertulis, Minggu (9/12).

Kendati demikian, belum diketahui pukul berapa rekayasa lalu lintas akan diterapkan karena ini bersifat situasional melihatnya perkembangan arus kendaraan. Pihak kepolisian pun  nantinya akan mengawal kedua tim ke SUGBK demi menjaga ketertiban dan keamanan.

Sekadar Infomasi, untuk para penonton dari 11 pintu menuju SUGBK hanya empat pintu yang akan dibuka untuk penonton yaitu pintu lima, tujuh, delapan dan sepuluh.

Sementara itu, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah kekuatan pengamanan pertandingan Persija kontra Mitra Kukar di SUGBK.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, menyebutkan 7.000 personel gabungan akan mengamankan pertandingan penentuan terakhir Liga I tersebut.

"Jumlah pengamanan sekitar 7.000 an personel gabungan," kata Argo.

Sponsored

Awalnya, Polda Metro Jaya bersama pihak terkait lainnya mengerahkan 3.000 personel untuk mengamankan pertandingan penentuan juara bagi tim berjuluk "Macan Kemayoran" itu.

Argo menyebutkan penambahan personel itu karena perkiraan jumlah pendukung Persija atau Jakmania akan membludak di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat.

"Pasti penonton membludak jadi kita tambah personel," ujar Argo memberikan alasan.

Aparat keamanan menetapkan empat ring pengamanan dengan melibatkan sejumlah personel, kemudian menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan.

Argo mengimbau Jakmania dapat menjadi contoh penonton yang memiliki etika tinggi dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Artinya dikatakan Argo, Jakmania bisa dicontoh oleh seluruh pencinta sepak bola di daerah lain, memberikan tauladan saat memberikan dukungan dan motivasi bagi tim kesayangannya, serta tidak melakukan kegiatan yang dilarang.

"Misalnya membawa sanjata tajam, merusak fasilitas umum, jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan oleh aturan. Kita semuanya harus lakukan kegiatan ini dengan sportivitas tinggi," tegas Argo.

Argo memastikan aparat akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan suporter sepakbola saat memasuki kawasan stadion guna menghindari barang berbahaya seperti kembang api. (Ant).

Berikut rute rekayasa lalu lintas yang diberlakukan:

1. Kendaraan dari arah Semanggi akan diarahkan lurus ke Slipi, pun sebaliknya. Tak ada kendaraan yang menuju Jalan Gerbang Pemuda.
2. Kendaran dari Lapangan Tembak akan diarahkan ke Slipi, tak memutar balik balik di flyover JCX.
3. Kendaraan dari Bunderan Senayan akan diarahkan lurus ke Semanggi.
4. Kendaraan dari arah Senayan City akan diarahkan lurus ke Lapangan Tembak.
5. Kendaraan dari arah Lapangan Tembak akan diarahkan ke Bunderan Senayan.
6. Kendaran dari Palmerah akan diarahkan belok kiri ke arah flyover Senayan.

Berita Lainnya